Angin Puting Beliung Melanda Cimenyan Bandung

oleh -0 views

KAB. BANDUNG (Kontroversinews.com) – Angin puting beliung menerjang Desa Ciharalang, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (28/3/2021).

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram @infobandungkota, angin kencang melanda kawasan tersebut.

Lalu, ada video yang menunjukkan warga berada di sekitar bangunan yang sudah ambruk. Juga ada warga berlarian. Selain angin puting beliung, hujan es juga terjadi di Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Warga berada di sekitar rumah yang ambruk akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi di desa Ciharalang,

Fenomena hujan es mengagetkan warga di Jalan Ligar Melati RT 01 RW 23, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyang, Kabupaten Bandung, Minggu (28/3/2021). Hujan es tersebt berlangsung kurang dari satu menit. Seorang warga RT 01, Ipan Sopian (29), mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.20 WIB.

Meski tidak berlangsung lama, namun fenomena tidak biasa ini sempat membuat beberapa warga keluar rumah untuk menyaksikan dan memegang langsung butiran es seukuran kelereng. Es tersebut turun seiring hujan deras dan angin kencang.

“Tetangga rumahnya dipasangi asbes, jadi suara jatuhnya es itu kenceng banget. Sampai beberapa tetangga juga keluar rumah,” ujar Ipan saat dihubungi melalui telepon yang dilansir dari Tribunnews, Minggu (28/3/2021).

Mengenai adanya kerusakan yang ditimbulkan dari fenomena tersebut, Ipan mengaku tidak terjadi. “Tapi beberapa warga keluar rumah untuk lihat fenomena yang jarang ada di sini seperti ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan hujan ringan hingga sedang akan terjadi di sebagian besar wilayah Kota Bandung, Minggu, (25/3/2021).

Kondisi tersebut berpotensi berubah menjadi hujan deras disertai kilatan petir pada sore menjelang malam hari, dengan prakiraan suhu 24 derajat celcius, kelembapan air 75 persen, dan tiupan angin 20 kilometer per jam. ***AS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *