Mengenang Kembali 19 Tahun Peristiwa Bom Bali 12 Oktober 2002

oleh -9 views
Ledakan bom Bali, 12 Oktober 2012.

 

JAKARTA (kontroversinews.com) –   Bom Bali 1 merupakan tiga peristiwa pengeboman yang terjadi di Bali pada 12 Oktober 2002, malam. Tragedi yang disebut tragedi terorisme ini menelan 202 korban. Kebanyakan wisatawan asing dari beberapa negara. Peristiwa ini dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.

Hari ini, Selasa (12/10) tepat 19 tahun terjadinya peristiwa Bom Bali 1.

Menurut berbagai sumber, awalnya dua ledakan terjadi dalam satu waktu berbarengan di Paddy’s Pub dan Sari Club (SC), Jalan Legian, Kuta, Bali, sekitar 23.15 waktu setempat. Paddy’s Pub dan Sari Club, ditambah bangunan Bank Panin terbakar akibat ledakan tersebut.

Bahkan, sejumlah bangunan yang berada dekat dengan lokasi ledakan bom juga terkena imbasnya. Terdapat beberapa bangunan yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

Tak selang beberapa lama kemudian, kembali terjadi ledakan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat pertama dan kedua. Ledakan ketiga terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat, daerah Renon, Denpasar, Bali.

Polri pun langsung membentuk tim khusus untuk menyelidiki kasus ini. Tim Investigasi Gabungan Polri dan kepolisian luar negeri yang telah dibentuk untuk menangani kasus ini menyimpulkan, bom yang digunakan tersebut berjenis TNT seberat 1 kg dan di depan Sari Club, merupakan bom RDX berbobot antara 50 –150 kg.

Markus Affandi, salah seorang saksi mata yang melihat dan merasakan langsung kejadian tersebut sempat menceritakan detik-detik kejadian pengeboman di Pulau Bali. Markus malam itu sedang berada Sari Club di Jalan Legian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *