Desa Sukanegara Gelar Budaya Sunda

oleh -4 views

Kab Bandung | Kontroversinews.-Gelar budaya sunda Desa Sukanegara Kec Soreang Kab Bandung menampilkan kreasi seni 9 lingkung dari 9 RW desa Sukanegara diantaranya Penca Silat , degung , calung , angklung , bajidor ,dan Qosidah , kegiatan yang merupakan mengisi dan menyambut hari jadi Kab Bandung Ke- 377 .

Dikatakan Kepala Desa Sukanegara Kec Soreang Kab Bandung , Asep Saepul Muhtadin , hari ini , Alhamdullilah ada gelar seni di kampung budaya pentas seni dan Isya Alloh , jadi seleksi buat persiapan dalam rangka menyambut hari jadi Kab Bandung yang Ke- 377.

Menurut Asep , Desa Sukanegara besar kecilnya salah satu kesenian yang harus didukung diantaranya yang akan tampil , angklung buhun , calung , singa depok ,Pencasilat , degung dan bajidor dan dari kegiatan ini akan menjadi motivasi buat rekan – rekan seni di desa Sukanegara buat menampilkan kreatifitas untuk mendukung program pemerintah daerah .

Tambah Asep ,kami telah diberi peluang , wadah ,dan kepercayaan dalam menyelenggarakan gelar seni budaya sunda , kami bersama sponsor Coklat Kita mengangkat tema Napak Jagat Pasundan yang mempunyai ciri kesenian sunda betul – betul diangkat dan dilestarikan agar masyarakat dengan budayanya tidak terlindas dengan budaya lain yang sifatnya tidak mendidik .

Kami ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat dan para pelaku seni yang telah berbuat dalam mengembangkan budaya seni budaya seperti yang dilakukan sekarang ini dengan budaya seni sunda , semoga menjadi kebaikan ,” pungkasnya

Ditambahkan Ketua Panitia gelar budaya sunda , Sopian yang juga ketua Karang Taruna desa sukanegara , kegiatan gelar budaya sunda yang melibatkan kang ega sebagai tim seleksi untuk mengambil 3 lingkung seni dari 10 lingkung seni yang tampil untuk mengikuti dan tampil di Kab Bandung dalam hari jadi Kab Bandung Ke- 377.

Kami berharap dari kegiatan ini kesenian budaya sunda bisa terangkat dan berkembang di desa Sukanegara yang memang sudah mendapat predikate Kampung Budaya dan kegiatan ini merupakan intruksi Bupati Bandung dalam mengakomodir 3 lingkung seni yang akan tampil dalam hari jadi Kab Bandung pada 20 April 2018 , dan dalam Gelar Budaya desa Sukanegara di sponsori oleh komunitas Coklat Kita .

Menurut Pengurus Paguron Tri Tunggal Pusaka , Gunadi , kegiatan gelar budaya di desa Sukanegara memang harus kita dukung , karena kalau bukan orang sunda siapa lagi yang akan melestarikannya , sisi lain kami berharap dari gelar budaya sunda yang ada jangan sampai punah .

Apalagi menurut Gunadi , desa Sukanegara yang sekarang sudah menjadi Kampung Budaya , bisa dijadikan wadah bagi para pelaku seni terutama yang ada diwilayah desa Sukanegara yang memang banyak kesenian budaya yang bisa diangkat dari potensi yang ada .

Karena tidak semua desa atau kampung yang bisa mempertahankan budaya sunda yang sekarang kalau dilihat nyaris tergerus dengan budaya luar yang memang bertolak belakang dengan budaya kita yang lebih beretika dan tidak lepas dengan nuansa silaturahmi satu sama lain saling mengenal .

“Kami berharap dari gelar budaya ini tidak hanya digelar di saat tertentu saja tapi perayaan budaya bisa pada momen momen penting lainnya seperti hari hari besar bersejarah ,tentunya campur tangan pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan , ” tegasnya (Mindra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *