Puasa Bikin Orang Jadi Ngantuk? Ini Penjelasannya

oleh -3 views
ilustrasi

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Pukul 13.00 sampai 15.00 sering dianggap jadi jam rawan ngantuk, apalagi saat bulan puasa. Tak heran banyak orang yang mengatakan bahwa saat puasa orang jadi lebih sering mengantuk.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Suharko Soebardi menyatakan, puasa bukan penyebab seseorang merasa lebih mengantuk.

“Bukan masalah puasa. Ini mungkin karena perubahan pola karena kita sahur (bangun lebih awal sebelum subuh),” ujar dia dikutip dari Antara.

Untuk mencegah rasa kantuk berlebihan, Suharko yang menekankan pentingnya kecukupan istirahat, yang bisa secara utuh ataupun terbagi menjadi beberapa waktu.

Selain itu, konsultan tidur di Burjeel Hospital, Abu Dhabi, Supriya Sundaram mengungkapkan tidur siang hari selama 20-25 menit juga bisa menjadi cara menjaga kecukupan tidur. Hanya saja, jangan terlalu lama tidur siang karena berisiko membuat tubuh lebih lelah.

Selain kecukupan tidur, pastikan juga tubuh Anda bugar dengan berolahraga secara rutin.

“Tubuh tidak fit itu tanda orang yang mudah mengantuk. Terkait juga dengan kebugaran. Dengan tubuh fit, rutin berolahraga, maka pada saat dibutuhkan misalnya mendengarkan kuliah bisa lebih fokus dan memudahkan tidur saat sudah waktunya,” kata dia.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *