Kejar Prestasi Olahraga, KONI Kabupaten Bandung Sosialisasikan Program D’Sport

oleh

BANDUNG (Kontroversinews).– KONI Kabupaten Bandung menggelar sosialisasi inovasi pembinaan prestasi berupa Program Divisi Sentra Pengembangan Olahraga Terpadu (D’Sport) di GOR Indoor SOR S Jalak Harupat, Kamis (20/6/2024).

Ketua KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana menjelaskan, Program D’Sport ini merupakan Rencana Strategis KONI Kabupaten Bandung tahun 2024 dalam rangka pengembangan prestasi olahraga.

Untuk tahun 2024 ini, D’Sport diikuti para pelatih, pengurus cabang olahraga (cabor) dan para atlet dari 13 cabor dari total 56 cabor yang ada d Kabupaten Bandung.

Ke-13 cabor itu antara lain angkat besi, angkat berat, dansa, dayung, gulat, hoki, menembak, panahan, panjat tebing, polo air, sambo, tarung derajat dan wushu. Diharapkan pada D’Sport tahun 2025 akan makin banyak bertambah cabor yang mengikuti.

Menurut Yana Suryana, Program D’Sport bertujuan untuk menunjang prestasi para atlet terutama di ajang Porprov Jabar 2026, terlebih KONI Kabupaten Bandun sendiri menargetkan pencapaian pretasi dengan raihan 100 medali emas di Porprov 2026.

“Sosialisasi Program D’Sport disampaikan oleh Bidang Bina Prestasi KONI bersama Dispora Kabupaten Bandung, sehingga nantinya dari hasil Program D’Sport ini dapat diimplementasikan oleh seluruh insan olahraga Kabupaten Bandung,” kata Yana.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Erwin Rinaldi menambahkan Program D’Sport digelar dalam rangka pembinaan olahraga dan peningkatan prestasi olahraga di tingkat regional, nasional hingga internasional.

“Kami berharap Progam D’Sport ini menjadi salah satu potensi besar serta langkah konkrit bersama, dalam mendukung terwujudnya visi dan misi Kabupaten Bandung yang Bedas, Bangkit, Edukatif, Dinamis dan Sejahtera,” terang Erwin.

Menurut Erwin, selain dapat dijadikan sebagai sarana pembinaan olahraga, pengasahan bakat dan prestasi, serta pencarian atlet potensial, D’Sport juga dapat dijadikan sebagai momentum bangkitnya pembinaan olahraga, sekaligus menjadi kampanye bersama untuk memasyarakatkan olahraga yang selama ini ada di Kabupaten Bandung.

“Program D’Sport ini penting dan strategis, karena bukan sekedar menjadi ajang pembinaan olahraga, namun dapat kita jadikan sebagai wadah untuk membangun karakter anak bangsa khususnya para atlet kita,” kata Erwin.

Sebab dari D’Sport ini akan diajarkan banyak hal, di mana atlet diharuskan memiliki nilai sportivitas, nilai semangat untuk mencapai cita-cita, juga mengajarkan untuk memiliki keuletan kerja keras dan kesabaran dalam meraih prestasi.

“Kegiatan D’Sport ini juga sebagai upaya untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas secara fisik dan mental, memperkuat karakter bangsa, serta meningkatkan prestasi olahraga khususnya cabang olahraga yang ada di Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Erwin menambahkan, D’Sport sendiri nantinya diharapkan dapat menjadi sebuah lembaga pembinaan olahraga prestasi yang profesional, yang menjadi cikal bakal sentra pembinaan olahraga di Kabupaten Bandung. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *