BMKG Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstrem di Musim Hujan

oleh -171 Dilihat
oleh
Musim Hujan ilustrasi.

Kontroversinews.comBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta agar masyarakat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga puting beliung yang timbul pada saat musim penghujan.

Untuk masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar mengantisipasi bahaya yang timbul akibat cuaca ekstrem. Potensi bencana yang harus diwaspadai pada saat musim penghujan yakni, banjir bandang, longsor, angin kencang, hingga puting beliung.

“BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang menyebabkan terjadinya potensi bencana hidrometeorologi,” kata Deputi Bidang Meteorologi pada BMKG, Guswanto melalui pesan singkatnya, Kamis (11/11/2021).

BMKG membeberkan langkah-langkah mitigasi yang bisa dipersiapkan untuk mengantisipasi adanya bencana. Salah satunya, dengan mengenali lebih jauh lingkungan dan potensi bencana di wilayah tempat tinggal masing-masing.

“Karena salah satu upaya mitigasi sesungguhnya adalah dengan memahami cuaca dan lingkungan tempat kita tinggal, sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan dari bencana hidrometeorologi yang dapat datang sewaktu-waktu,” terangnya.

Kata Guswanto, pihaknya juga sudah melakukan upaya-upaya mitigasi berupa koordinasi secara pentahelik dengan pemerintah, masyarakat, akademisi, media massa dan dunia usaha terkait bencana hidrometeorologi.

Koordinasi dilakukan melalui update informasi cuaca, potensi cuaca ekstrem dan potensi bencana hidrometeorologi di wilayah bencana. Peringatan dini cuaca juga kerap di-update setiap hari oleh BMKG.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *