Biden Turun Gunung, AS Setuju ‘Hapus’ Paten Vaksin Covid

oleh -216 Dilihat
Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (AP fhoto)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendukung pengabaian hak paten vaksin Covid-19. Langkah ini diambil untuk mendukung akses vaksin merata untuk negara-negara miskin.

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai mengatakan, meski hak kekayaan intelektual untuk bisnis itu penting, Washington mendukung pengabaian hak paten vaksin Covid-19 untuk mengakhiri pandemi.

“Ini adalah krisis kesehatan global, dan keadaan luar biasa dari pandemi Covid-19 memerlukan tindakan luar biasa,” katanya dalam sebuah pernyataan, dilansir dariĀ AFP Jumat (7/5/2021).

Biden berada di bawah tekanan kuat untuk mengesampingkan perlindungan bagi produsen vaksin, terutama saat munculnya kritik bahwa negara-negara kaya melakukan penimbunan vaksin Covid-19.

Dengan jaminan pasokan untuk orang Amerika, pemerintahan Biden akan melanjutkan upaya perluasan produksi dan distribusi vaksin. Mereka juga akan bekerja untuk meningkatkan bahan mentah yang dibutuhkan untuk memproduksi vaksin tersebut.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyebut keputusan AS itu bersejarah dan menandai “momen monumental dalam perang melawan Covid-19”.

Sebelumnya, India, yang menjadi negara kedua dengan kasus corona terbanyak di dunia, berjuang di dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk memungkinkan lebih banyak pembuat obat membuat vaksin. Namun ini menjadi sebuah langkah yang ditentang banyak perusahaan raksasa farmasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *