Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, 10 Kelompok Sadar Wisata di Bungaraya Dikukuhkan

oleh -4 views

Siak | Kontroversinews.- Sebanyak 10 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, periode 2018-2020 dikukuhkan Pelaksana Tugas Bupati Siak Alfedri sebagai langkah untuk meningkatkan pengelolaan objek wisata di daerah itu.

“Pokdarwis punya peranan penting mewujudkan masyarakat sadar wisata serta jadi penggerak dan mitra terdekat pengembangan wisata, terutama di Kabupaten Siak,” ujar Pelaksana Tugas Bupati Siak Alfedri di Siak, Selasa.

Dia katakan, peran masyarakat cukup besar dalam mengembangkan potensi wisata di wilayah masing-masing, karena sektor wisata tidak dapat berjalan optimal hanya mengandalkan program dari pemerintah semata.

“Selain dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan, keberadaan pokdarwis juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar objek wisata dari kunjungan wisatawan,” sebut dia.

10 Pokdarwis yang dikukuhkan adalah, Pokdarwis Kampung Suak Merabai, Kampung Jayapura, Buantan Lestari, Tuah Indrapura, Kemuning Muda, Jatibaru, Langsat Permai, Tembusai, Dayang Suri, dan kampung Bungaraya.

Menurutnya pembentukan Pokdarwis ini sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Siak, yakni menjadikan Siak sebagai salah satu tujuan wisata di Pulau Sumatera.

“Ini bentuk upaya kita, pemkab Siak dan masyarakat bekerjasama dalam rangka mempromosikan daerah ke dunia luar,” ungkapnya.

Sebab, pariwisata dapat berkembang jika didukung oleh masyarakat setempat. Jika tidak, akan terasa sia-sia apa yang dilakukan pemerintah atau pelaku usaha wisata dalam mempromosikan wisata daerah.

Dirinya berharap, kelompok sadar wisata ini juga dibentuk di setiap kampung yang memiliki potensi objek wisata. Seperti objek wisata kawasan Danau Zamrud Kecamatan Dayun, Danau Naga Sakti di Kecamatan Pusako, dan agrowisata hutan mangrove di kecamatan Sungai Apit.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisata ke kabupaten Siak, pemerintah melalui dinas pariwisata telah menggelar berbagai kegiatan agenda kepariwisataan di tingkat kabupaten ataupun Kecamatan,” sambung dia.

Sumber: Antarariau.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *