Rapat Kerja FKDM Kabupaten Samosir

oleh -115 Dilihat
oleh

Samosir | Kontroversinews.- Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM secara resmi membuka Rapat Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM) yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (04/04). Turut hadir Pabung 0210/TU, Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat, Ketua FKDM Samosir.

Bupati Samosir menyampaikan bahwa rapat kerja FKDM sangat strategis dan tepat sekali dilaksanakan karena saat ini akan dilaksanakan agenda politik yaitu pesta demokrasi pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumut yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018. Diharapkan FKDM dapat segera melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menjaring dan menampung sejumlah informasi terkini yang berkaitan dengan isu-isu yang tidak benar (Hoax) termasuk isu politik identitas yang ber-aroma sara yang dapat mengganggu keamanan dimasyarakat. Untuk itu diharapkan FKDM dapat menjaring, menampung data dan informasi yang berkembang dari masyarakat mengenai ada gejala dan memiliki potensi ancaman yang dapat menggangu keamanan, gejala atau peristiwa ancaman bencana yang diprediksi dapat terjadi setiap saat serta memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan kepala daerah mengenai kebijakan yang akan dilakukan dalam upaya pencegahan dini.

Menurut bupati, saat ini ada 3 hal yang perlu diwaspadai dan segera mendapat perhatian terkait dengan Pilgubsu yaitu ” Berita Hoax”, informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, informasi yang tidakĀ  tahu asal usul beritanya, hoax ini semata-mata tujuannya untuk memanas-manasi, adu domba tetapi tidak seorangpun bisa bertanggung jawab, ” Politik Identitas atau Pencitraan”, ini yabg sangat berbahaya dan sangat sensitif terhadap kedaulatan NKRI, karna arahnya lebih kepada suku, ras dan antar golongan, serta ” Narkoba”, kita harus selalu waspada agar perdagangan narkoba tidak sampai ke Samosir.

Mengakhiri arahannya, bupati menekan hal-hal penting kepada FKDM antara lain “Tingkatkan kewaspadaan di masyarakat, Berkoordinasi kepada Pemerintah Daerah jika ada potensi, gejala terjadinya ancaman bahaya keamanan dan ancaman bencana, Ikut serta memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat Samosir, bahwa siapapun yang terpilih menjadi Gubernur/Wakil Gubernur Sumut adalah wajib kita hormati.
FKDM agar sungguh-sungguh dapat berperan untuk ikut serta dalam melakukan pencegahan, melakukan deteksi dini dalam penanganannya di masyarakat.

Peserta rapat terdiri dari unsur Kejaksaan Negeri Samosir, TNI, Polres, BPBD, Camat dan Sekretaris Camat se-Kabupaten Samosir.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *