Pemkab Samosir Sosialisasi Saber Pungli

oleh -160 Dilihat
oleh

Samosir | Kontroversinews.- Bupati Samosir diwakili Sekretaris Daerah (sekda)Drs. Jabiat Sagala, M.Hum membuka secara resmi Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar  (Saber Pungli), bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, rabu 11/4/18 lalu.

Dilaksanakannya Sosialisasi Saber Pungli sebagai sarana pensosialisasian keberadaan satgas saber pungli di Kab.Samosir serta untuk melakukan pencegahan dan pengawasan terjadinya praktek dan tindakan pungutan liar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyatakan sangat menyambut baik penyelenggaraan sosialisasi saber pungli tersebut dengan harapan setelah terselenggaranya sosialisasi tersebut dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik, yang bersih, jujur, transparan dan terhindar dari pungutan liar.

Pemerintah sekarang telah bergerak cepat dalam memberantas praktek pungutan liar, hal ini dengan ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar yang bertindak  sebagai payung hukum pembentukan tim sapu bersih pungutan liar.

Ini merupakan salah satu upaya yang sangat penting dalam mendorong pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi ( Clean Government).

Berdasarkan Keputusan Bupati Samosir Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Samosir, maka Satgas Saber Pungli Kabupaten Samosir telah dikukuhkan pada tanggal 07 Marer 2017 yang lalu. Unit Satuan Tugas (Satgas)  diharapkan agar bekerja dengan tulus, jujur, responsif untuk menerima masukan dari masyarakat sehingga simpul-simpul yang menjadi potensi terjadinya pungutan liar dapat dicegah sehingga kepercayaan publik terhadap pemerintah dapat meningkat, keadilan dan kepastian hukum juga dapat ditegakkan.

Satgas Saber Pungli mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah.
Peserta Sosialisasi Saber Pungli diikuti pimpinan OPD dan Sekretaris OPD, Camat dan Sekretaris Camat.  Narasumber terdiri dari Kejari Samosir dan Wakapolres Samosir. (ps).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *