Kondisi Terbaru Covid di Negeri Jiran, Malaysia Lockdown Nasional Hari Ini

oleh -2 views
Ilustrasi Malaysia Lockdown (AP Photo)

KUALA LUMPUR (kontroversinews.com) – Malaysia memberlakukan lockdown nasional atau perintah kontrol pergerakan (MCO) mulai Rabu (12/5/2021) hingga 7 Juni untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Semua aktivitas yang mengumpulkan orang banyak dilarang, seperti open house Idul Fitri dan pesta pernikahan. Sebelum ini Malaysia lebih dulu menerapkan larangan perjalanan antarnegara bagian dan distrik.

Lonjakan kasus di Malaysia mengkhawtirkan belakangan ini, dipicu varian baru dari Afrika Selatan dan Inggris. Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah mengatakan, sebagian besar kasus Covid-19 berasal dari infeksi sporadis di masyarakat bukan klaster.

Sebanyak 92 persen kasus saat ini, kata dia, melibatkan warga Malaysia.

“Sebanyak 80 persen penularan bukan dari klaster tapi kasus sporadis di masyarakat. Ditambah dengan munculnya empat varian baru, yakni varian Afrika Selatan (B1351), Inggris (B117), India (B1617), dan Brasil (P1), yang memicu perhatian,” katanya, dikutip dari The Star.

Dia menambahkan ada penambahan 14 kasus virus corona melibatkan varian baru Afrika Selatan, sehingga totalnya menjadi 62 penderita.

“Kami khawatir virus tersebut menyebar dengan cepat dan kami yakin sudah menyebar ke banyak negara bagian. Oleh karena itu, untuk mengendalikan dan memberantas virus, printah kontrol pergerakan (MCO) harus kami terapkan,” tuturnya, mengacu pada lockdown.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *