Rusia dan China Umumkan Persahabatan Tanpa Batas

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki. (AFP)

WASHINGTON Kontroversinews.com – Rusia dan China mengumumkan persahabatan tanpa batas ketika keduanya sama-sama dimusuhi Amerika Serikat (AS). Gedung Putih dengan cepat merespons pengumuman mesranya kedua negara raksasa itu.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki selama konferensi pers pada hari Jumat waktu Washington ditanya tentang pandangan Presiden Joe Biden tentang penguatan hubungan antara Moskow dan Beijing melalui lensa tujuan kebijakan luar negerinya yang lebih luas.

“Ya, kami—presiden melihatnya—memandangnya karena kami memiliki hubungan kami sendiri dengan China,” kata Psaki, yang sebelumnya menghindari pertanyaan awal terkait dengan situasi di sekitar Ukraina, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (5/2/2022).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken baru-baru ini berbicara dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

“[Mereka] menggarisbawahi keamanan global dan risiko ekonomi yang ditimbulkan oleh agresi Rusia lebih lanjut terhadap Ukraina,” ujar Psaki. “Kami juga telah menyampaikan bahwa konflik destabilisasi di Eropa akan berdampak pada kepentingan China di seluruh dunia. Dan tentu saja, China harus tahu itu,” tegasnya.

Situasi di sekitar Ukraina telah menjadi salah satu inti dari kebijakan luar negeri AS selama beberapa bulan terakhir, di mana pejabat tinggi dan media Barat berulang kali memperingatkan tentang “invasi” yang diduga akan terjadi ke negara itu oleh Rusia.

Moskow secara konsisten membantah memiliki rencana semacam itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *