Idap Keputihan, Atasi Dengan 3 Cara ini

oleh -4 views

JAKARTA Kontroversinews.com – Keputihan sebenarnya adalah sesuatu yang normal. Dengan keluarnya lendir dari vagina, hal ini akan menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan.

Namun, ada pula keputihan yang tidak normal. Wanita perlu waspada ketika cairan keputihan mengalami perubahan dari segi warna, tekstur, dan bau. Melansir kanal YouTube Dokter Fransiska Di Perancis, seorang wanita harus segera memeriksaan kesehatan vagina ke dokter apabila keputihan sudah menunjukkan warna hijau, kuning, dan merah. Selain itu, ada juga tanda lain seperti bau menyengat, gatal, iritasi, dan sering terjadi flek di luar waktu menstruasi.

Pengobatan masalah keputihan tidak bisa sembarang karena keputihan tidak normal punya penyebab yang berbeda. Untuk itu pemeriksaan ke dokter sangat diperlukan. Menurut Dokter Fransiska, pengobatan keputihan harus berada di bawah pengawasan dokter.

“Jangan coba mengobati sendiri jika tidak tahu persis apa penyebabnya” ujar dr. Fransiska, dikutip Minggu (01/01/2022). Dokter Fransiska menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengobatan yang diberikan dokter berjalan maksimal sehingga keputihan tak datang lagi.

1. Menjaga Kebersihan

Walaupun sudah diberikan obat oleh dokter, kebersihan harus tetap dijaga. Jika tidak, masalah keputihan akan datang lagi. Berikut ini cara merawat kebersihan vagina yang baik dan benar menurut dr. Fransiska – Mencuci tangan sebelum dan setelah memegang organ intim agar terhindar dari bakteri. – Jangan pakai celana dalam ketat dan biasakan cari yang berbahan katun agar vagina tidak lembab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *