Idap Keputihan, Atasi Dengan 3 Cara ini

– Jangan suka mencuci vagina pakai cabun, cukup basuh dengan air bersih. Jika vagina dicuci dengan pencuci tanpa resep dokter, bakteri baik akan terbunuh dan bisa menimbulkan infeksi.

– Bersihkan vagina dari depan ke belakang setelah buang air, keringkan menggunakan tisu. Ingat jangan menggosok vagina, cukup ditepuk halus dengan tisu.

– Rajin mengganti panty liner dan pembalut sehingga vagina tidak lembab.

– Jangan menggunakan pembalut yang disertai parfum.

– Rajin memangkas bulu kemaluan, tapi jangan sampai habis. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan-gesekan dengan lipatan organ genetal.

2. Pengidap Keputihan Akibat Penyakit Menular Seksual

Wanita yang mengalami keputihan tidak normal akibat penyakit menular seksual, bisa disembuhkan dengan antibiotik atas resep dokter. Namun, dr. Fransiska mengatakan, pasangan dari wanita tersebut pun harus diobati agar keluhan tidak datang kembali.

3. Perhatikan Penggunaan Obat yang Diberikan Dokter

Menurut dr. Fransiska, penyebab keputihan tidak hanya berasal dari bakteri, tapi juga jamur. Berbeda penyebab, akan berbeda pula obat yang diberikan oleh dokter. Namun di samping itu, ada hal yang tak kalah penting yakni penggunaan obat tersebut harus diperhatikan dengan benar.

Jika obat yang berikan adalah antibiotik, harus diminum sampai habis dan waktunya juga harus tepat, tak bisa sembarangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *