Bau Mulut? Ini Penyebabnya Menurut Ahli

oleh -0 views
Ilustrasi bau mulut (iStock)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Ketika bangun di pagi hari, Anda mungkin kerap merasakan Bau tak sedap dari mulut. Tentu ini menjadi hal yang tak nyaman dan juga menurunkan kepercayaan diri untuk menyapa pasangan dan orang di rumah sebelum menyikat gigi.

Namun, apa penyebab mulut mengeluarkan bau tak sedap di pagi hari?

Menurut dokter gigi yang juga pendiri One Manhattan Dental di New York City, Rob Raimondi, bau mulut di pagi hari adalah hasil dari bakteri di mulut yang mencerna sisa makanan kotor di gigi, gusi dan lidah.

“Seiring waktu itu mengeras menjadi plak, dan aromanya memburuk,” katanya, seperti dikutip livestrong.

Dia lanjut mengatakan bahwa yang membedakan bau mulut dalam semalam adalah Anda terus-menerus memproduksi air liur di siang hari yang membersihkan sisa-sisa makanan ini dan membantu menjaga mulut Anda tetap bersih dan bernapas segar.

Kepala perawat gigi di ProHealth Dental di New York dan New Jersey, Bruce Valauri mengatakan bahwa selama tidur proses metabolisme tubuh Anda melambat dan produksi air liur menurun.

Mulut kering secara alami meningkatkan faktor bau. Bernapas melalui mulut saat Anda tidur, merokok, dan minum alkohol sering kali memperburuk keadaan.

Untuk mengatasi masalah itu, terdapat sejumlah cara mencegah bau mulut di pagi hari.

Sikat dan bersihkan gigi

Valauri mengatakan gosok gigi di pagi hari adalah jawabannya. Minumlah air saat Anda bangun untuk melembabkan mulut.

Jika jadwal Anda memungkinkan, yang terbaik adalah sarapan dulu dan kemudian sikat gigi. Jika tidak, maka sikatlah gigi setelah bangun dari tempat tidur.

Dia menambahkan bahwa berkumur dengan obat kumur saja tidak akan membantu mengurangi bau mulut.

“Ini tidak bertahan lama di mulut Anda. Ini hanya penyegar napas untuk saat ini,” katanya. Hal tersebut berlaku sama untuk permen karet.

Sikat dan ‘flossing’ di malam hari

Jangan pernah berpikir untuk melompat ke tempat tidur tanpa flossing. The American Dental Association (ADA) merekomendasikan flossing sekali sehari karena diperlukan waktu 12 hingga 24 jam agar plak terbentuk.

“Selain itu, gosok gigi selama dua menit; sikat gigi elektrik paling efektif membersihkan permukaan,” kata Raimondi.

Hindari makanan tertentu

Bawang bombai dan bawang putih bisa menambah rasa enak pada makanan Anda, tetapi mereka juga cenderung memiliki efek jangka panjang pada napas Anda.

Jika Anda ingin menghindari bau mulut pagi karena alasan apa pun, pertimbangkan untuk menghindari jenis makanan ini untuk makan malam.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *