Terapkan Ini, Mencintai Diri Sendiri untuk Hidup yang Lebih Bahagia

oleh -0 views
Ilustrasi bahagia.(Foto/Merdeka.com)

BANDUNG (Kontroversinews.com) – Mencintai diri sendiri alias self love merupakan sebuah praktik dan usaha untuk mencintai diri sendiri. Sejatinya mencintai diri sendiri merupakan kebutuhan dasar manusia, siapa yang bisa mencintai diri kita dengan baik? Ya, diri kita sendiri, bukan orang lain seperti pacar, atau cuma gebetan.

Mencintai diri sendiri itu sangatlah penting. Sebab kita harus menerima segala kelebihan dan kekuarangan kita.

Kita juga tak perlu mengubah diri kita menjadi seperti yang diinginkan orang lain, seperti pacar, hanya agar kita dicintai. Sebab hal itu tidak otentik dan membuat kita lelah secara mental dan emosional. Mencintai diri sendiri membantu kita dari terjebak toxic relationship. Dilansir dari Okezone, lalu bagaimana cara kita mencintai diri sendiri?

1. Percaya diri

Kita harus percaya diri, artinya yakin dan percaya dengan diri sendiri bahwa hal-hal yang kita lakukan sudah benar. Kalau kita tidak percaya diri, siapa yang akan mempercayai kita?

Dengan bersikap percaya diri maka kita tahu jika kita diperlakukan dengan buruk oleh orang lain. Percaya diri akan melindungi kita dari toxic relationship dengan orang lain. Karena kita akan merasa tak nyaman dengan orang toxic dan cenderung menjauh.

2. Bersikap bodoh amat

Bersikap bodoh amat di sini, artinya tidak usah pedulikan omongan orang tentang kamu. Apalagi omongan-omongan buruk orang lain tentang kamu. Omongan buruk yang merusak mental tak usah dipedulikan, hal terpenting adalah kamu selalu melakukan hal yang terbaik dan tak merugikan orang lain. Penilaian orang lain tentangmu tak penting lagi. Mereka juga tidak membayari semua makananmu bukan? Kenapa harus dipikirkan?

3. Menerima keadaan dirimu apa adanya

Apa yang sudah Tuhan berikan kepadamu, termasuk tubuhmu, sifatmu maka itulah yang harus kamu cintai. Kamu indah dengan caramu sendiri.

Belajar menuliskan hal-hal istimewa yang ada dalam dirimu sendiri untuk terus menumbuhkan rasa cinta kepada dirimu sendiri. Ini merupakan salah satu wujud syukur kepada Tuhan yang sudah menganugerahimu dengan segalanya.

Berikut ini beberapa kalimat untuk meningkatkan rasa cinta kepada diri sendiri yang bisa kamu praktikkan.

1. Saya baik kepada manusia dan hewan-hewan, juga tumbuhan, dan saya berharga

2. Saya mencintai dan mensyukuri tubuh saya, saya bisa berjalan dengan baik, dan saya suka diberi tubuh ini oleh Tuhan

3. Saya menarik dan saya pantas dicintai, saya juga dikelilingi oleh teman-teman yang baik dan menyayangi saya

4. Saya berharga dan saya mencintai diri saya sendiri, meski orang lain kadang menolak saya, itu bukanlah masalah

Nah, cobalah sering-sering mempraktikkan self love ya, agar kamu merasa penuh dengan cinta dan kegembiraan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *