Rutin Konsumsi Daun Beluntas Bisa Cegah Bau Mulut 

Daun Beluntas

Kontroversinews.com Bau mulut menjadi salah satu hal yang membuat rasa percaya diri seseorang menurun untuk beraktivitas dan interaksi dengan banyak orang. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menuntaskan bau mulut, salah satunya dengan kumur memakai daun beluntas. Ya, daun dengan sisi bergerigi ini dikenal dengan berbagai khasiatnya. Di India dan China, daun beluntas memiliki nama lain namun terbukti dipakai dengan manfaat baik bagi kesehatan. Termasuk untuk kesehatan gigi dan mulut. Pakar herbal dr. Wawaimuli Arozal M.biomed, PhD, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Rabu 5 Januari 2022, menuturkan, daun beluntas memiliki zat aktif yang mampu menjaga kesegaran aroma mulut. Dengan zat tersebut, daun beluntas mampu bersifat sebagai antibakteri yang mencegah aroma mulut kurang sedap.

“Daun beluntas bersifat sebagai antibakteri yang biasanya jadi penyebab bau mulut,” ucap dokter Wawaimuli. Untuk lebih maksimal, dokter Wawaimuli menyarankan pemakaiannya disertai paduan dengan daun mint. Dengan kombinasi tersebut, mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut lebih baik sehingga terhindari dari bau mulut. “Campuran daun beluntas dan daun mint dalam obat kumur dan dikumur teratur dapat obati karies gigi penyebab bau kulut,” katanya.

Tak hanya itu, daun beluntas juga terbukti baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, lambung salah satunya. Dengan daun beluntas, maka tingkat asam di lambung dapat dijaga sehingga mencegah mual dan nyeri ulu hati.

Daun beluntas sudah digunakan sejak lama sebagai antinyeri dan obat pencernaan dengan dosis cukup dan tidak jangka lama, maka aman digunakan. Perhatikan agar pemakaiannya tidak berbarengan dengan obat kimia lain karena dapat berdampak pada ginjal. “Dikonsumsi dengan rebus 3 sampai 10 lembar daun dalam 1 liter air selama satu jam. Konsumsi 2 sampai 3 kali sehari. Hindari penggunaannya bersama obat-obat dokter,” pungkas dokter Wawaimuli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *