Pilot Pesawat kargo Ethiopian Arilines salah mendarat di Copperbelt Utara Zambia

oleh -2 views
Pesawat kargo Ethiopian Arilines saat sedang mendarat di Provinsi Copperbelt utara Zambia. (Foto/ @beritapenerbangan.id)

ZAMBIA (Kontroversinews.com) – Sebuah pesawat kargo Ethiopian Arilines salah mendarat. Pesawat tersebut mendarat di bandara yang masih dalam pembangunan di Provinsi Copperbelt utara Zambia.

Dilansir AFP, Selasa (6/4/2021), pesawat tersebut terbang dari Addis Ababa, Ethiopia. Sekretaris Kementerian Transportasi Zambia, Misheck Lungu mengatakan kesalahan itu murni dilakukan oleh pilot.

“Ketika dia akan mendarat, dia berkomunikasi dengan radar dan mereka mengatakan kepadanya, ‘Kami tidak dapat melihatmu’,” katanya.

“Jadi dia menggunakan penglihatannya karena dia tidak memiliki kendali dan mendarat di bandara yang masih dalam pembangunan,” sambungnya.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (4/4) waktu setempat. Tidak ada kerusakan yang terjadi akibat pesawat salah mendarat itu.

Selang beberapa waktu, pesawat tersebut kemudian lepas landas untuk menuju ke tujuan asalnya. Dalam laporannya, AFP menyebutkan pilot pesawat Ethiopian Airlines itu belum diberitahu mengenai bandara baru yang sedang dibangun itu.

“Fakta bahwa tidak ada NOTAM (pemberitahuan kepada awak pesawat) … dan jarak yang dekat antara kedua bandara mungkin telah berkontribusi pada insiden tersebut.”***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *