Obesitas Berisiko Tinggi Alami Penyakit Jantung

oleh -0 views
gemuk ilustrasi

Kontroversinews.com – Faktor berat badan menjadi salah satu yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, sekalipun mereka tampak sehat secara medis.

Kelebihan berat badan itu sendiri mungkin tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung secara langsung. Melainkan berkembang seiring berjalannya waktu melalui mekanisme seperti peningkatan tekanan darah dan glukosa tinggi.

Hal ini disebabkan berat badan yang berlebih membentuk plak pada pembuluh darah pada jantung, sehingga buruk untuk kesehatan jantung.

Untuk itu, Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Vito Damaya SpJP (K), Anda bisa memulainya dengan membatasi konsumsi makanan asin.

Makanan asin dan gurih memang nikmat, tapi jika berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Saat tekanan darah Anda tinggi, kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat dan ini bisa mengganggu kesehatan jantung.

Anda bisa mengurangi garam dengan membatasi penggunaan garam saat memasak. Selain itu, batasi juga makanan tinggi garam yang sudah dikemas, seperti daging sapi asap, snack, dan junk food.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *