Penting! 5 Penyakit Saluran Pernapasan dan Cara Pencegahan

Saluran Pernapasan. (Foto: ajnn.net)

Kontroversinews.com – Sistem pernapasan manusia merupakan organ yang vital seperti halnya organ tubuh lain. Sistem pernapasan melibatkan serangkaian organ, mulai dari rongga hidung hingga paru-paru agar manusia bisa bernapas dengan baik.

Saat bernapas, sistem pernapasan bertanggung jawab dalam pertukaran udara. Di samping itu, sistem pernapasan juga memiliki fungsi selain menyerap oksigen dan mengembuskan karbon dioksida.

Sistem pernapasan memiliki fungsi lainnya, seperti:
  • Membantu tubuh dapat berbicara atau mengendus bau.
  • Menyesuaikan udara dengan suhu tubuh dan melembapkan udara sesuai kondisi tubuh.
  • Menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Menghilangkan racun karbon dioksida dari dalam tubuh lewat embusan napas.
  • Melindungi saluran udara dari zat berbahaya dan iritasi.

Untuk itu, menjaga kesehatan sistem saluran pernapasan tak boleh diabaikan, mengingat sama pentingnya dengan organ tubuh lainnya.

Apabila terus-menerus menghirup udara yang tidak sehat, kesehatan sistem pernapasan dapat terganggu. Setidaknya terdapat 5 penyakit yang bisa menyerang sistem pernapasan, sebagai berikut.

1. Tuberkulosis (TBC)

TBC disebabkan oleh bakteri bacillus tuberculosis yang membuat alveolus banyak cairan sehingga mengganggu proses difusi oksigen dan karbon dioksida.

2. Pneumonia

Pneumonia diakibatkan infeksi bakteri, virus dan jamur yang menyebabkan peradangan paru-paru karena cairan tertimbun di alveolus.

3. Bronkitis

Bronkitis ini penyakit yang menyebabkan peradangan di dinding bronkus karena virus, sehingga terjadinya batuk berdahak.

4. Asma

Asma merupakan penyakit penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan karena alergi seperti debu, asap, bulu binatang, udara dingin, atau infeksi virus terpapar zat kimia.

5. Kanker Paru-paru

Penyakit sistem pernapasan manusia selanjutnya kanker paru-paru yang disebabkan sel-sel paru tumbuh tak terkendali, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. (Sumber: Cnn indonesia) ***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *