Panwas Rancaekek Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

oleh -145 Dilihat
oleh

Kab Bandung | Kontroversinews.- Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Rancaekek berharap suksesnya Pilkada Serentak Jawa Barat 2018, dapat terulang kembali, bahkan lebih baik lagi di Pemilu Serentak 2019.

Hal itu diungkapkan Komisioner Panwascam Rancaekek Yeni Herlina, saat Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 yang digelar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rancaekek, di Aula Kecamatan Rancaekek, Selasa (25/9/18).

“Sebagaimana kita ketahui dan kita lalui bersama, bahwasannya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 telah sukses digelar tanpa ekses, aman, lancar dan damai, bahkan melampaui harapan penyelenggara pemilu,” kata Yeni di hadapan puluhan peserta yang hadir.

Bahkan menurut data KPU Jabar, imbuh Yeni, tingkat partisipasi pemilih pun meningkat dari 63% pada Pilkada Serentak Jabar 2013 menjadi 71% pada Pilkada Serentak Jabar 2018.

“Kesuksesan Pilkada Serentak Jawa Barat 2018 ini tentunya tak lepas dari peranan seluruh stakeholder yang terlibat didalamnya, baik penyelenggara dan peserta pemilu, seluruh elemen masyarakat yang memiliki hak pilih, tentu saja tak ketinggalan peranan strategis dari pihak keamanan kepolisian dan TNI yang bekerja keras siang malam penuh waktu demi suksesnya Pilkada Serentak Jabar 2018,” ungkapnya.

Untuk itulah, imbuh Yeni, pentingnya deklarasi kampanye damai ini untuk bersama-sama membangun komitmen dan menyatukan tekad bersama. “Agar kesuksesan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dapat terulang, bahkan lebih baik lagi di Pemilu Serentak 2019,” terangnya.

Pihaknya menyerukan untuk mendeklarasikan kampanye damai, dengan Pemilu 2019 yang tanpa hoax atau berita palsu, tanpa politisasi SARA dan tanpa politik uang.

“Kami dari Panwascam Rancaekek meminta komitmen dari partai politik dalam proses aktivitas kampanye ini betul-betul mengesampingkan bentuk-bentuk kampanye yang sifatnya hoax,” tandas Yeni.

Pihaknya mengimbau agar peserta Pemilu Serentak 2019 untuk fokus pada visi misi serta program kerja dari masing-masing partai politik, tanpa harus saling menghujat, saling gontok-gontokan satu sama lain, apalagi menyebar ujaran kebencian maupun fitnah lewat informasi hoax.

Yeni menandaskan Panwascam Rancaekek dan seluruh jajaran sampai ke pengawas desa/kelurahan, menyatakan siap mengawal dan mengawasi setiap pelaksanaan tahapan Pemilu 2019. Pihaknya bertekad terus berupaya bekerja secara profesional, bersikap netral dan independen, serta senantiasa menjaga integritas.

“Melalui Deklarasi Kampanye Damai ini, mari kita tunjukkan komitmen kita bersama untuk siap berperan aktif menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan proses Pemilu 2019, dengan mengamankan kampanye yang damai dan sejuk, berintergritas dan bergembira,” pungkasnya.

Turut hadir dan menandatangani Deklarasi Kampanye Damai tersebut Muspika Rancaekek, PPK Rancaekek, para pengurus parpol peserta Pemilu 2019, para pengurus ormas, OKP dan elemen tokoh masyarakat Rancaekek. (Lily Setiadarma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *