Paguyuban Bedas Waringkas Dikukuhkan, Lahir dari Kecintaan Terhadap Lingkungan

Jajaran pengurus dan pembina saat photo bersama usai pengukuhan Paguyuban Bedas Waringkas di aula Kantor Kecamatan Rancabali, Jumat (8/7/2022).

KAB. BANDUNG Kontroversinews.com – Pengurus Paguyuban Bedas Waringkas (Bebas dari Sampah, Wisata Aman Riang Gembira dan Berkualitas) baru saja dikukuhkan 8 Juli 2022.

Dewan Pembina Bedas Waringkas Eyang Memet berharap ke depan Bedas Waringkas bisa membangun semacam sekolah lingkungan.

Sekolah lingkungan tersebut, kata Eyang Memet, mungkin tidak formal dulu. “Membuat sekolah lingkungan sebagai sekolah edukasi, bagaimana kita akan membimbing, mengajar anak-anak untuk melakukan kegaitan wisata,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Papakmanggu, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/7/2022).

Paguyuban Bedas Waringkas yang diketuai oleh Ir. Dede Badrul Munir itu sendiri, tambah Eyang Memet, dibentuk berawal dari pembicaraan yang tidak formal dari beberapa tokoh yang ada di Rancabali, seperti kepala desa, pengusaha wisata, dan Camat Rancabali.

Dewan Pembina Bedas Waringkas Eyang Memet saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan Paguyuban Bedas Waringkas di aula Kantor Kecamatan Rancabali, Jumat (8/7/2022).

“Kita berpikir seolah-olah ada satu harapan terutama terkait sampah yang ada di wilayah wisata,” ujarnya.

Eyang Memet berharap pula bagaimana masyarakat bisa merenung dari dampak sampah itu sendiri. “Maka tercetuslah paguyuban ini. Mudah-mudahan akan jadi motivasi dan jadi contoh bagi kecamatan lain,” katanya.

 

Dibentuknya Paguyuban Bedas Waringkas diakui Eyang Memet direspon oleh beberapa tempat wisata.

“Mereka memberi respon positif seperti Wisata Ciwelidey Valley, Kawah Putih, Glampig, dari PTPN, Perhutani, LMDH, dan para akademisi. Ada satu keinginan bersama atau satu spirit bagaimana kita bisa membangun daerah sendiri, bagaimana wisata itu bisa menghasilkan devisa negara tapi tidak mengorbankan lingkungan dan lainnya,” terang Eyang Memet.

Berikut selengkapnya pengurus Paguyuban Bedas Waringkas. Ketua Ir. Dede Badrul Munir (EMTE), Wakil Ketua H. Ade Yuyun (Walini), Sekretaris Andriyana (EMTE) dan Hangga A Pratama, ST, Bendahara Subarno (Kawah Putih) dan H. Uus Suryana (Walini).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *