Muhammadiyah Berhasil Dirikan Universitas di Malaysia

oleh -0 views
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Kontroversinews.com – Muhammadiyah berhasil mendirikan universitas di Malaysia dan resmi mendapat izin dari  Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Pendidikan Tinggi pada Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia pada 5 Agustus 2021.

Mengutip dari laman resmi PP Muhammadiyah, Kamis (12/8), pendirian UMAM disebut melalui perjuangan dan usaha yang sungguh-sungguh sejak awal 2017.

Hal itu dilakukan melalui tim yang dibentuk Pimpinan Pusat Muhammadiyah antara lain dengan mendirikan University Consortium Muhammadiyah Malaysia (UCMM Konsortium) bersama para pihak di Malaysia.

Pendirian UMAM dimaksudkan sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan tinggi di ranah global, diawali dari kawasan bangsa serumpun di regional ASEAN. Langkah ini berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam Berkemajuan yang berwawasan rahmatan lil-‘alamin.

Usaha mendirikan Universitas Muhammadiyah di Malaysia sesuai ketentuan yang berlaku dimulai dengan pendirian perseroan terbatas (sendirian berhad) dengan nama UCMM Konsortium Sdn. Bhd. di Malaysia pada 8 Februari 2017, dengan Lembaga Pengarah Syarikat atas nama Haedar Nashir, Mohd Noh Bin Dalimin, Ahmad Dahlan Rais, dan Marpuji Ali Muanam.

Usaha pengajuan izin diawali dengan penyiapan semua dokumen persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku di Malaysia yang ditempuh dalam proses bertahap dan waktu yang panjang selama lebih tiga tahun di bawah koordinator Prof Dr Bambang Setiaji bersama tim yang dibentuk Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *