Miliki Skill, Disnaker Fasilitasi Warga Bekerja di Luar Negeri

Kantor Disnaker Kabupaten Bandung, Jalan Raya. Soreang Km. 17, Kec. Soreang, Kabupaten Bandung. Photo - Lee

SOREANG
Kontoversinews.com – Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung memfasilitasi warga yang ingin bekerja ke luar negeri di sektor formal. Mereka harus memiliki skill dan keterampilan agar dapat bersaing dengan para pekerja lainnya.

“Untuk masyarakat yang mencari kerja mungkin tentu untuk peningkatan kesejahteraan itu terbuka baik di dalam negeri maupun di luar negeri terutama kalau keluar negeri kami ingatkan kita kirimkan sektor formal saja,” ujar Dra. Agustini Saputri, M.Si. Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Bandung.

Ia mengatakan pekerja di sektor informal masih dilarang atau moratorium bekerja di luar negeri. Sebab pihaknya tidak ingin mengirimkan tenaga kerja tanpa keahlian apapun.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Bandung Dra. Agustini Saputri, M.Si. saat foto bersama dengan staff di ruang kerja, Senin (10/10/2022) – Lee

Agustini melanjutkan pihaknya membantu pelayanan paspor bagi calon pekerja ke luar negeri yang berada di layanan terpadu satu atap. Pelayanan untuk mempermudah calon pekerja migran bekerja di luar negeri.

“Pelayanan ada di Mal Pelayanan Publik,” katanya.

Ia mengatakan aktivitas mal pelayanan publik sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Namun saat ini mulai kembali berjalan normal.

Pihaknya terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang lowongan bekerja di luar negeri. Termasuk peraturan-peraturan yang mendukung bekerja di luar negeri tersebut.

“Kaitan dengan tenaga kerja keluar negeri sosialisasi ke masyarakat supaya mereka harus melalui prosedur yang betul. Intinya sosialisasi cara aman bekerja ke luar negeri,” katanya.

 

Lily Setiadarma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *