Menteri tenaga kerja RI mengunjungi kampung ulos di Desa lumban Suhi kab Samosir.

oleh -6 views

Menteri Ketenaga Kerjaan RI, Ida Fauziyah dan Ibu LBP Panjaitan be.Simatupang melakukan kunjungan kerja ke Kampung Tenun, Lumban Suhi, Kecamatatan Pangururan dan Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Desa Sigulati, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir pada Jumat 29/01/2021.

Rombongan Menteri disambut Bupati Kabupaten Samosir, Rapidin Simbolon dan SKPD Pemkab Samosir, Waka Polres Samosi, Kompol Rachmad Affandi, Kasubbag Min Ops Kejari Samosir, Renalto Situmorang, Danramil Pangururan, Kapt (inf) Donald Panjaitan, dan Kepala Desa Lumban Suhi, Raja Sondang Simarmata.

Dalam sambutannya Ida Fauziyah menyampaikan dukungannya terhadap Tenun Toba.
Kami telah melaksanakan penandatanganan MoU di Kabupaten Toba sehingga kami datang ke perkampungan ulos Lumban Suhi meninjau para penenun untuk melihat kompetensinya dan hasil karya tenunnya,” ujar Menaker Ida yang berasal dari PKB ini.

Ditambahkannya, bahwa Kementerian Ketenaga Kerjaan siap membantu para penenun di Kabupaten Samosir berupa fasilitas maupun bahan-bahan baku ulos.

“Kami akan membentuk balai pelatihan guna meningkatkan kemampuan kompetensi para penenun ulos agar nantinya bisa dipromosikan ke pasar kerja. Kami akan bekerja sama dengan Bupati Samosir dan Toba,” tambahnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kecamatan Pangururan, Cornel Simarmata menyampaikan kebanggaannya atas kunjungan Menteri Ketenaga Kerjaan beserta rombongan yang datang mengunjungi para penenun di perkmpungan ulos Lumban Suhi.

“Perlu kami sampaikan bahwa sebelum kedatangan Menteri ke perkampungan kami, Presiden beserta Ibu Negara sudah pernah datang untuk melihat karya ulos dari masyarakat pengrajin ulos, ini merupakan wujud perhatian dari Pemerintah terhadap kami masyarakat Perkampungan Ulos Huta Raja Desa Lumban Suhi,” ujar Cornel Simarmata.

Menaker Ida Fauziah dan Ibu LBP Panjaitan be Simatupang diberikan cenderamata berupa ulos sebagai tanda cinta masyarakat Kampung Ulos Huta Raja Desa Lumban Suhi.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *