HUT Kabupaten Bandung : Kontes Ayam Pelung dan Budaya Hadir di Alun-alun Soreang

oleh
oleh

Bandung, Kontroversinews.com – Pameran Kontes Ayam Pelung Eksebisi tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Alun-alun Soreang, Minggu (29/4/2018) digelar dalam rangka HUT Kabupaten Bandung ke- 377.

Haji Adang Sutardi SH.,MH, selaku Ketua Panitia acara tersebut menjelaskan, untuk pertama kalinya kontes Ayam Pelung di kolaborasi dengan Budaya Sunda. Acara ini berkat dukungan Dinas Pertanian dan Peternakan juga  Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung.

“Untuk pertama kalinya kegiatan kolaborasi semacam kontes ini digelar di Kabupaten Bandung. Kami akan menggelar setiap tahunnya dan DPP HIPPAPI (Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia) ini sangat mendukung dengan ikut berpartisipasi dari daerah lain seperti Banten, DKI, Jawa Tengah dan DIY.

Menurut Adang, untuk kontes Ayam Pelung sudah berlangsung di Kabupaten Bandung sejak tahun 2010. Dari antusias peserta cukup banyak. Dirinya berharap agar kegiatan ini menjadi momentum meningkatkan kepedulian akan budaya sunda. Ditambah adanya dukungan dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian dan Peternakan agar terselenggara setiap tahunnya.

Kontes Ayam Pelung ini terbagi  menjadi tiga kategori yaitu penampilan, suara dan  bobot.  Sedangkan peserta yang ikut sekitar 300 peserta dari berbagai kategori.

Untuk biaya pendaftaran kontes yang telah dirundingkan dari komunitas dan Panitia sebesar Rp100ribu. Biaya pendaftaran dari semua kelas yang dilombakan.

Pantauan Kontroversinews.com, penonton mulai berdatangan pada acara tersebut. Sebelum acara kontes dimulai, disuguhkan juga aktraksi pencak silat dan aktraksi ular. (gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *