Fakta-fakta Tips Diet dengan Konsumsi Kopi

Kontroversinews.com– Kopi ternyata bisa menjadi minuman menyehatkan untuk membantu menurunkan berat badan. Selama ini kopi diketahui telah menjadi salah satu minuman populer di tengah masyarakat.

“Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan,” ujar ahli diet terdaftar di Preg Appetit, Ashley Shaw, seperti dilansir Republika di laman Insider.

Shaw mengatakan, kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan mengarah pada kesehatan jantung yang lebih baik.

Kopi juga mengandung kafein, yang meningkatkan metabolisme dan energi, serta dapat menurunkan berat badan. Berikut ini fakta-fakta tips diet dengan mengonsumsi kopi:

1. Kopi hitam merupakan minuman rendah kalori

Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yakni ketika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar. Cara populer untuk membantu mencapai defisit kalori adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada asupan kalori biasa.

Kopi hitam merupakan minuman yang ideal untuk diminum untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari lima kalori per porsi (satu cangkir 8-0z). Namun, itu hanya rendah kalori jika Anda meminumnya hitam.

2. Kafein bisa meningkatkan metabolisme

Metabolisme merupakan proses di mana tubuh memecah nutrisi dan menggunakan kalori makanan sepanjang hari. Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, juga salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal (BMR), atau dikenal sebagai tingkat di mana Anda membakar kalori saat beristirahat.

Sebuah studi kecil pada 2018 menemukan peserta yang minum berbagai takaran kopi selama dua bulan memiliki metabolit yang lebih besar, produk metabolisme.

Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat akan memungkinkan Anda untuk membakar lebih banyak kalori saat istirahat atau selama aktivitas fisik , yang dapat membantu menurunkan berat badan.

“Ada semakin banyak penelitian tentang bagaimana konsumsi kopi berhubungan positif dengan BMR, namun penting untuk diingat bahwa kita memetabolisme makanan dan minuman pada tingkat yang berbeda. Kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme seseorang tetapi tidak untuk orang lain,” ujar Shaw.

3. Kafein dapat mengurangi rasa lapar

Nafsu makan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang Anda makan, tingkat aktivitas fisik, dan hormon.

Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara kafein yang mengurangi nafsu makan, penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kadar ghrelin, hormon yang membuat Anda merasa lapar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *