Budi Daya Ikan Lele H.Ansyor Mendapat Apresiasi Kades Banthar

Kab Bandung Kontroversinews.com 
– Kreasi dan inovasi dari H.Ansyori warga RW 09 Perumahan Suka Galih desa Sangkan Hurip (5/7/2022) berupa daging dan tulang ikan Lele menjadi cendol dan kue cookkis mendapat apresiasi dari Kades Sangkan Hurip Aan Tirta Gandana SH.MH yang biasa disapa Kades Banthar  dan juga ibu ibu PKK tingkat desa Sangkan Hurip hingga ibu ibu PKK tingkat Kab Bandung .

Kades Banthar mengatakan, apresiasi yang setinggi tingginya buat haji Ansyori ,saya juga baru kemaren dari anak anak yang survey ,ada cendol yang dibuat dari tulang lele dan dagingnya di buat kue pukis itu inovasi yang baru kita dengar dan nanti juga pa haji akan buat inovasi – inovasi lain .

Seperti yang saya katakan, permasalahannya pengembang biakan atau mengurusnya baik di dalam tong maupun di bak tapi yang lebih penting kelanjutan pengembang biakan lele kedepannya ,tapi ternya pa haji punya inovasi seperti tulang ikan lele jadi cendol dan dagingnya jadi kue cookkis bahkan bisa jadi akan muncul kue – kue lainnya .

Intinya dengan inovasi ikan lele akan menambah nilai lebih dan income tambahan terutama ibu rumah tangga dan juga bapak bapak bisa ikut mengembang biakan yang lebih komprehensif dan bisa menjadi produk unggulan berupa oleh oleh dari BSP Desa Sangkan Hurip ,” tuturnya

Hal yang sama dikatakan H.Ansyori penggagas Budi daya ikan Lele  ,kegiatan budi daya ikan lele dalam ember sebenarnya sudah dari dulu sejak tahun 2020 hingga sekarang masih berjalan karena dua tahun terkendala covid tapi menyurutkan ibu ibu PKK tingkat RW dan juga ada dukungan dari ibu ibu PKK Kecamatan .

Dan ibu ibu PKK RW yang aktif di Pos Yandu  punya inisiatif dan inspiratif yaitu tulang ikan lele menjadi cendol dan dagingnya menjadi kue cookkis dan kebetulan kami punya lahan yang cukup memadai bahkan respon warga BSP sangat mendukung .

Dan mudah mudahan inovasi tulang lele jadi cendol dapat dirasakan minimal warga BSP termasuk warga desa Sangkan Hurip secara menyeluruh dan tahapan awal cendol dari tulang lele merambah ke ibu ibu yang aktif di Pos Yandu dan sekarang kami berencana akan buat cafe dengan produk cendol dari tulang lele ,” Ungkapnya .

Hal lain Camat Katapang Kab Bandung Ir.Taufik WA .MT ,mengatakan ,dengan pertemuan hari ini dengan ibu ibu PKK baik tingkat Desa Sangkan Hurip ,PKK Kec Katapang dan Juga PKK tingkat Kab Bandung.

Dan kemaren saya sempat bertemu dengan Pa Kades Sangkan Hurip ,ternyata beliau banyak ide ide Edu Agro Wisata dan memang banyak potensi yang ada di wilayah Kec Katapang terutama desa Sangkan Hurip .

Mengenai tulang lele menjadi cendol perlu dikembangkan dan nanti kami bersama pa kades untuk dibawa pa Bupati untuk di expose karena edu agro wisata merupakan bagian visi misi Bupati Bandung .

Dan temuan tulang lele jadi cendol dan dagingnya jadi kue cookis perlu dikembangkan dan dijadikan produk unggulan di desa Sangkan Hurip ,” Ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *