Air Koryo, Maskapai Terburuk di Dunia Milik Korea Utara

oleh -0 views
ilustrasi maskapai Air Koryo Foto: Shutter stock

KOREA UTARA (Kontroversinews.com) – Air Koryo merupakan perusahaan milik negara atau BUMN yang didirikan di era Kepemimpinan Kim Jong Il atau ayah dari Kim Jon un.

Negara yang dipimpin Kim Jong Un ini menerapkan berbagai larangan kepada warga negaranya dan tertutup dengan negara luar. Meski begitu, Korea Utara tidak luput jadi tujuan destinasi wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang ingin mengetahui bagaimana kehidupan di negara komunis itu.

Untuk menuju ke sana, Korea Utara hanya dapat dijangkau dengan satu maskapai penerbangan, yaitu Air Koryo. Air Koryo adalah maskapai Korea Utara yang hanya membuka rute penerbangan menuju China dan Rusia. Rute penerbangan internasional mereka cuma ke Beijing dan Vladivostok (Rusia).

Maskapai ini setiap harinya hanya melayani kurang dari 10 penerbangan reguler, baik domestik maupun international. Dilansir dari laman dari Business Insider, Air Koryo merupakan perusahaan milik negara atau BUMN yang didirikan di era Kepemimpinan Kim Jong Il atau ayah dari Kim Jong Un.

Dilansir dari laman dari Business Insider, Air Koryo yang didirikan pada 1955 saat itu menjadi satu maskapai dari Korea Utara yang cukup dipandang oleh dunia luar. Namun saat ini, kondisinya sudah jauh berbeda.
Air Koryo dinobatkan sebagai yang terburuk di dunia oleh situs penerbangan Skytrax selama lima tahun terakhir berturut-turut. Mereka menjadi satu-satunya maskapai di dunia yang mendapat rating bintang 1. Parameter yang membuat Air Koryo menjadi maskapai terburuk adalah fasilitas yang diberikan kepada penumpang selama penerbangan.

Mereka memberikan surat kabar yang penuh berita propaganda khas Korea Utara dan musik kenegaraan yang diputar secara berulang. Bukan itu saja, Air Koryo juga hanya menampilkan video klip ‘girlband’ favorite Kim Jong Un, yaitu Moranbong.

Layanan makanan di Air Koryo juga dinilai biasa-biasa saja, bahkan ada yang menilai hampir tidak bisa dimakan. Untuk penerbangan kelas ekonomi, penumpang akan disajikan “The Mystery Burger”, burger misterius ini sudah cukup terkenal di kalangan traveler.
Bukan karena kelezatannya, tapi lantaran rasa dan isi dalam burger tersebut tidak jelas dan kurang layak dimakan. ***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *