10 Cara Menguji Keaslian Madu Asli dan dan Madu Palsu

Madu

Kontroversinews.com-Madu dikenal banyak memiliki segudang khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Mulai dari perawatan kulit, membantu menyembuhkan luka, hingga sebagai anti oksidan.

Madu merupakan bahan nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Kemudian, para lebah membawa nektar ini ke sarang mereka dan mengalami tiga proses pengolahan hingga sampai menjadi madu.

Namuin,tak jarang ada oknum-oknum nakal yang mencampuri madu dengan bahan-bahan palsu. Ada madu yang dicampur dengan bahan lain seperti glukosa, dekstrosa, molasses, sirop gula, invert sugar, sirop jagung, pati, tepung, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengambil keuntungan lebih. Alih-alih menyehatkan, madu palsu ini justru bisa menimbulkan penyakit.

Berikut ini cara menguji keaslian madu, antara lain:

1. Menguji Madu dengan Kertas

Untuk membedakan madu asli atau campuran, Anda perlu coba meneteskannya atau menuangkannya ke kertas kosong. Setelah itu cobalah untuk merobek kertas yang sudah Anda tuangkan madu tadi. Kalau kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Namun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu itu palsu atau sudah ada campurannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *