Usir Noda hingga Cegah Keriput, Ini Manfaat Lain dari Wortel

oleh -0 views
ilustrasi

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Wortel dikenal sebagai salah satu sayur yang kaya manfaat, termasuk untuk kesehatan kulit. Berikut manfaat wortel untuk kesehatan kulit.

Mengutip Healthline, wortel mengandung potasium dan vitamin C yang kaya akan manfaat. Wortel juga kaya akan provitamin A, yang dikenal akan manfaat kesehatannya untuk mata.

Tak hanya itu, wortel juga mengandung pigmen karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, termasuk pada kulit.

Sebanyak 250 ml jus wortel menyediakan lebih dari 20 persen kebutuhan harian vitamin C yang diperlukan untuk produksi kolagen. Senyawa ini memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit.

Mengutip dari Cnn Indonesia, berikut manfaat wortel untuk kulit, mengutip berbagai sumber.

1. Menenangkan kulit kering

Banyak hal yang bisa menyebabkan kulit kering, termasuk cuaca yang sangat panas dan terik. Kekurangan kalium juga dapat membuat kulit jadi kering dan terkelupas.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi jus wortel. Mengutip Bebeautiful, jus wortel mengandung kalium yang dapat membantu kulit tetap lembap.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Salah satu cara agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari adalah dengan memperbaiki nutrisi dari dalam. Salah satu nutrisi tersebut adalah beta karoten yang banyak ditemukan pada wortel.

Pola makan kaya wortel akan melindungi kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

3. Membuat kulit lebih berkilau

Wortel dikemas dengan berbagai nutrisi penting. Vitamin A, E, senyawa antioksidan, dan mineral pada wortel akan membantu menambah kilau pada kulit.

4. Mencegah keriput

Beta karoten dalam wortel diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dikenal akan manfaatnya dalam mempromosikan kulit yang kencang, elastis, dan sehat. Mengutip Taste of home,  pada gilirannya, vitamin A akan mencegah munculnya keriput pada kulit.

5. Merawat noda dan bekas luka pada kulit

Mengonsumsi jus wortel dapat membantu mengurangi munculnya noda dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Selain mengonsumsi jus, Anda juga bisa mengoleskan masker wortel langsung ke permukaan kulit.

Campurkan parutan wortel, krim susu, madu, dan minyak zaitun. Oleskan campuran pada permukaan kulit sebagai masker. Dapatkan manfaat masker untuk kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *