Tips Menabung Uang Lebih Banyak meski Pengeluaran Besar

oleh -11 views

BANDUNG (Kontroversinews.com) – Ketika pendapatan bertambah, beberapa orang juga merasakan bertambahnya pengeluaran. Hal tersebut membuat kegiatan menabung menjadi semakin sulit dilakukan. Apalagi ketika memiliki tagihan kartu kredit dan memiliki pembayaran fitur berbayar seperti Netflix atau Spotify.

Walaupun begitu, masih banyak juga orang yang bisa mengelola keuangannya dengan baik, salah satunya dengan memantau dengan rutin pengeluarannya.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang menabung terutama untuk jangka panjang, dilansir dari Budget Direct, Minggu (4/4/2021).

1. Buat anggaran/budgeting

Inti dari setiap perencanaan tabungan adalah anggaran. Penganggaran membantu seseorang memprioritaskan pengeluaran dan menemukan keseimbangan antara pengeluaran dan tabungan sepanjang tahun. Dengan memeriksa laporan kartu kredit, tagihan, dan pembiayaan, orang dapat menghitung semua pengeluaran rutin, seperti sewa atau pinjaman rumah, transportasi, asuransi, dan listrik.

Sebaiknya perbarui anggaran setidaknya sekali setahun, atau lebih sering jika keadaan berubah secara signifikan, misalnya mendapatkan atau kehilangan pekerjaan dan memiliki anak. Jika membelanjakan lebih dari pendapatan, tanyakan pada diri sendiri pengeluaran apa yang dapat dipotong atau kurangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *