Tips Masak Rendang Agar Memiliki Tekstur Daging Empuk

oleh -3 views
ilustrasi daging rendang. Foto Gulalives.

BANDUNG (Kontroversinews.com) – Rendang merupakan makanan yang berasal dari Sumatera Barat yang sering disajikan diberbagai upacara adat maupun acara penting. Meski begitu, makanan ini menjadi favorit masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

Rendang memiliki tekstur daging yang empuk dengan perpaduan rempah-rempah. Untuk memasak rendang diperlukan teknik yang tepat agar rendang memiliki rasa yang pas. Bahkan banyak orang memasak rendang 3-4 jam dan lebih dari itu untuk mendapatkan tekstur rendang yang empuk.

Jika tidak menyukai daging sapi, resep bumbu rendang juga dapat digunakan untuk memasak dengan bahan dasar lainnya seperti ikan, ayam, telur dan lainnya.

Berikut adalah teknik memasak rendang yang mudah dan praktis yang telah dikutid dari Suara.com.

1.     Menggunakan daging yang tepat

Untuk mendapatkan rasa dan tekstur daging yang tepat, harus memperhatikan pemilihan daging yang pas. Pilih daging yang padat dan hindari penggunaan daging lunak karena akan mudah hancur jika dimasak dengan lama.

2.     Memasak dengan menggunakan api kecil

Memasak dengan menggunakan api kecil dapat meminimalisir daging agar tidak mudah hancur. Selain itu, bumbu rendang dapat meresap dengan sempurna ke dalam daging. Jika ingin membuat rendang kering, maka masak rendang selama 5-6 jam. Jika menginginkan rendang basah, maka masak sekitar 3-4 jam.

3.     Gunakan santan secukupnya

Santan menjadi bahan utama dalam pembuatan rendang yang dapat memberikan rasa gurih. Gunakan santan secukupnya dengan menggunakan perbandingan 1:3 (setiap 1kg daging setara dengan santan kental 3 butir kelapa).

4.     Mengolah daging dan bumbu

Dalam mendapatkan rasa rendang yang maksimal, maka buatlah bumbu dengan bahan-bahan yang masih segar dan haluskan dengan cara digiling. Setelah dihaluskan maka tuang santan dan kemudian rebus bersama bumbu halus. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah daging dimasukkan untuk dimasak hingga matang.

5.     Memperhatikan cara mengaduk

Disaat memasak rendang, perhatikan cara mengaduk dengan benar. Aduk daging rendang dengan mendorong dengan spatula agar tidak gosong dan pastikan agar bentuk potongan daging tetap terjaga.***AS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *