Rumah Sakit Penanganan Covid-19 di Irak Terbakar

oleh -0 views
Rumah sakit Ibn Khatib di tenggara Baghdad, Irak, pada Sabtu 24 April 2021 mengalami musibah kebakaran. (Sumber: Reuters)

IRAK (Kontroversinews.com) – 27 orang tewas dan 46 orang luka-luka dalam sebuah musibah kebakaran pada Sabtu, 24 April 2021 di rumah sakit bn Khatib di tenggara Baghdad, Irak.

Tabung Oksigen Meledak, Rumah Sakit Penanganan Covid-19 di Irak Terbakar. Ibn Khatib merupakan rumah sakit penanganan pasien Covid-19 di Baghdad, Irak. Rumah sakit tersebut terbakar pada Sabtu (24/4/2021) malam. Penyebab kebakaran yang menewaskan 23 orang itu diduga dari ledakan tabung oksigen.

Rumah sakit Ibn Khatib juga digunakan untuk merawat pasien-pasien Covid-19. Sumber mengatakan kebakaran terjadi setelah ada sebuah kecelakaan yang menyebabkan tangki oksigen meledak.

Banyak ambulan bergegas menuju rumah sakit yang terbakar itu. Ambulan-ambulan itu membawa para korban, yang terluka akibat musibah kebakaran ini. Pasien yang tidak mengalami luka-luka, juga dipindahkan ke rumah sakit lain.

Kepala Unit Pertahanan Irak mengatakan bagian rumah sakit yang terbakar adalah area ICU yang merawat pasien-pasien dengan gangguan paru. Dari 120 pasien yang sedang dirawat, 90 orang sudah dikeluarkan.

Sistem kesehatan di Irak kacau-balau selama beberapa dekade oleh sanksi-sanksi, perang dan pengabaian. Kemampuan rumah sakit dalam merawat pasien pun diperluas selama pandemi Covid-19.

Mengutip dari Tempo.co, Kementerian Kesehatan Irak pada Sabtu, 24 April 2021 melaporkan total orang yang sudah terinfeksi Covid-19 di Negeri 1001 malam itu sebanyak 102.528. Dari jumlah itu, 15.217 orang tak bisa diselamatkan.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *