Suku Sakai Demo PT. Ivo Mas Terkait Kebun Sawit

oleh -169 Dilihat
oleh

Riau | Kontroversinews.-Ratusan Masyarakat yang mengatasnamakan suku sakai berunjuk rasa di depan kantor DPRD Provinsi Riau dan di depan Mapolda Riau,Senin (19/2) kemarin. Akibat dari demo itu terjadi macet yang cukup panjang di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru.

Tuntutan pendemo agar PT.Ivo mas Tunggal mengembalikan tanah ulayat yang telah di rampas bertahun-tahun seluas lebih kurang 6.505,42 hektar terletak di Kecamatan Kandis dan Kecamatan Siak tepatnya di kampung Adat Bakalar Kandis Kabupaten Siak Riau.

Dalam aksi Demo itu tampak dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SAKAI RIAU ikut berorasi mengatakan, akibat perampasan itu suku sakai kini susah mencari nafkah karena lahan untuk bertani sudah tidak ada lagi sebab sebahagian besar suka a sakai hidup bercocok tanam dan hidup di Hutan-hutan.

Dalam orasinya kordinator aksi Demo dari LBH Irwan saputra memita agar Polda Riau mengusut status kepemilikan lahan PT.Ivo Mas yang diduga masih banyak pelanggaran lain yang dilakukan perusahaan itu antara lain, menggarap kawasan hutan tanpa izin menteri kehutanan, tidak memiliki amdal,dan izin usaha perkebunan yang bermasalah(IUP).

Di depan Gedung DPRD Riau para Pendemo meminta para Legislatif yang mengatas namakan wakil rakyat agar punya nyali dan berpihak pada Rakyat jangan ikut jadi pemberi rekomendasi kepada Perusahaan-perusahan besar yang tidak peduli dengan Rakyat kecil seperti mereka.

Masih menurut Irwan sejak perusahaan ini berdiri suku tempatan sangat menderita untuk mencari nafkah di samping SDM yang masih rendah masih sulit alih profesi ke bidang lain.

Ia meminta agar PT.Ivo Mas Tunggal mengembalikan lahan pertanian yang dimiliki komunitas adat terpencil Sakai agar tidak terjadi bentrok yang berkepanjangan dengan suku tempatan.

Irwan Syahputra selaku koordinator orasi akan tetap memperjuangkan hak-hak orang kecil ini sampai ke pemerintah Pusat separti dalam orasinya meminta kementerian Agraria dan tata ruang melalui kantor di provinsi riau untuk mencabut Hak Guna Usaha PT.Ivo Mas.(David)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *