Punya Sifat Iri, Dengki, atau Julid Tanda-tanda Gangguan Jiwa

Freepik

Kontroversinews.com Dalam berinteraksi dengan banyak orang, Anda bisa jadi bertemu dengan orang yang suka nyinyir dan julid baik terhadap kehidupan pribadi maupun kehidupan orang lain. Bertemu dengan orang seperti ini tentu lama-lama membuat tidak nyaman dan menguras energi.

Mereka yang suka nyinyir dan julid terhadap kehidupan orang lain ini acap membicarakan atau menjelek-jelekkan orang. Jika bertemu dengan orang seperti ini entah di lingkungan pekerjaan atau tempat tinggal, tentu bikin suasana menjadi tidak nyaman. Siapa sangka sifat nyinyir, dan iri dengki ternyata bisa menjadi tanda gangguan jiwa.

Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Lahargo Kembaren, SpKJ mengatakan, iri hati adalah reaksi emosional negatif, pada saat kita menyaksikan, melihat orang mendapat pencapaian yang lebih, hasil yang lebih baik dari diri kita yang membuat kita tidak nyaman dengan hal yang seperti itu.

“Kita gak nyaman karena ketika seseorang mendapatkan pencapaian, prestasi atau hal yang baik, maka biasanya pilihan dua bagi kita, apakah kita mau mengapresiasi,  memuji dengan tulus atau iri hati, nyinyir, atau julid.

Apa yang keluar dari kita sangat tergantung dari apa yang memang kita miliki. Kalau dalam diri kita memiliki hal yang negatif banyak hal tidak baik itu yang akan keluar kita ekspresikan. T

api kalau kita punya hal positif dalam pikiran dan hati kita maka yang keluar adalah hal yang positif,” kata Argo, Selasa 14 Desember 2021. Sehingga kalau ada iri, nyinyir, dan julid itu, kata Argo menunjukkan adanya suatu insecure dalam diri kita, ada sesuatu yang tidak nyaman yang sedang kita rasakan dalam kehidupan kita. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *