Peringatan Hari Jadi ke -381 Kabupaten Bandung, Bupati Hadiahkan Launching Sejumlah Program

Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna menjadi Inpekstur Upacara pada Peringatan Hari jadi ke 381 Kabupaten Bandung di Lapang Upakarti Soreang, Rabu (20/4/2022).

SOREANG Kontroversinews.com –

Peringatan Hari Jadi ke 381 Kabupaten Bandung tahun ini dengan mengusung tema “Bangkit Bersinergi Membangun Kabupaten Bandung Bedas, berlangsung hidmat dan sederhana. Bupati Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan, empat program tengah diluncurkan sebagai hadiah terindah di tahun pertamanya menjabat sebagai kepala daerah.

Bukan itu saja, bupati yang dikenal sangat mengedepankan pola kerja pentahelix ini optimis, bahwa dengan kebersamaan, seluruh program yang dilakukan akan terlaksana dengan baik. Dia menyebutkan, empat program sebagai kado terindah pada peringatan hari jadi ke 381 tersebut, diantaranya launching untuk pembuatan danau retensi di 4 wilayah kecamatan, launching pelayanan keimigrasian di Mal Pelayanan Publik (MPP), launching penanganan kawasan blankspot, launching Operasi Pasar Murah (OPM) serentak di seluruh wilayah Kabupaten Bandung.

Para pegawai ASN Pemkab Bandung mengikuti Upacara Peringatan Hari jadi ke 381 Kabupaten Bandung di Lapang Upakarti Soreang, Rabu (20/4/2022).

“kado terindah untuk Kabupaten Bandung tahun ini, kemarin kita sudah launching 4 program. Dengan pola pentahelix, kita launching pembuatan danau retensi di 4 kecamatan yaitu Bojongsoang, Cileunyi, Rancaekek dan Solokanjeruk, sebagai wilayah yang termasuk kawasan trategis kota baru. Kemudian, launching layanan keimigrasian di MPP, jadi kalau ingin mengurus paspor tidak perlu jauh-jauh ke jalan Suci atau Soekarno Hatta Kota Bandung. Yang ke 3, kemarin juga kita launching penanganan kawasan blankspot, dengan membangun 7 tower triangle di 7 desa. Dan yang keempat, kita launching OPM serentak,” ungkapnya usai menjadi Inpekstur Upacara Peringatan Hari jadi ke 381 Kabupaten Bandung yang berlangsung di Lapang Upakarti Soreang, Rabu (20/4/2022).

Bupati juga mengungkapkan, bahwa capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung pada tahun 2021, yaitu 72,73 poin atau mengalami kenaikan sebesar 0,34 poin dari nilai IPM pada tahun 2020 yaitu 72,39 poin, melalui kontribusi indeks pendidikan 65,51 poin, indeks kesehatan 82,65 poin serta indeks pengeluaran (daya beli) 71,06 poin.

“Saya ucapkan terimakasih kepada jajaran pemkab Bandung dan seluruh masyarakat, sehingga capaian ini terus membaik dan insyaAllah kita akan terus fokus bekerja dan transparan dalam proses pembangunan Kabupaten Bandung yang semakin bangkit,” imbuh bupati.

Lebih lanjut, mengenai capaian indikator pendidikan direpresentasikan dengan angka Harapan Lamanya Sekolah (HLS) dan angka Rata-Rata Lamanya Sekolah (RLS). angka HLS kabupaten bandung tahun 2021 sebesar 12,7 tahun, meningkat dari tahun 2020 sebesar 12,6 tahun. angka RLS Kabupaten Bandung tahun 2021 sebesar 9,07 tahun mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 8,96 tahun. dan pada tahun 2023 kita targetkan angkat rata-rata lama sekolah (rls) kabupaten bandung meningkat menjadi 10 tahun.

“Sementara, dibidang ekonomi, kinerja perekonomian kabupaten bandung pada tahun 2021 digambarkan oleh LPE (laju pertumbuhan ekonomi) pada tahun 2021 tercatat 3,56%, mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020 yang tercatat minus sebesar -1,80%.

Menurutnya, Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung merupakan momentum yang sangat penting bagi kita untuk melakukan evaluasi demi menjadikan Kabupaten Bandung yang lebih baik.

Dengan visi pembangunan daerah yaitu ”Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis Agamis dan Sejahtera”. “Maka dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk terus ikut berperan aktif dalam proses membangun bersama Kabupaten Bandung yang kita cintai ini,” tutur bupati.

Bupati mengatakan, sebagai masyarakat Kabupaten Bandung, tentunya Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung ini dijadikan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk terus melanjutkan perjuangan memajukan daerah. “Melalui kinerja produktif, prestasi demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan Kabupaten Bandung yang BEDAS, sebagaimana tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke 381 tahun yaitu “Bangkit Bersinergi Membangun Kabupaten Bandung Bedas”, ungkap bupati.

Kepada masyarakat Kabupaten Bandung dirinya mengimbau agar tetap mematuhi prokes dimanapun berada. Bagi warga yang melaksanakan mudik, agar melakukan vaksin booster, sebagai upaya bersama dalam memerangi penularan covid-19.

“Kepada masyarakat yang mudik, saya tekanan agar melakukan vaksin booster terlebih dahulu, karena tidak booster tidak mudik. Dirgahayu yang ke 381 Kabupaten Bandung. Ayo bangkit, bersinergi membangun Kabupaten Bandung Bedas, ” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *