Pendaftaran Siswa Baru, Ribuan Warga Bantul Ajukan Surat Miskin

oleh -174 Dilihat
oleh

Yogyakarta | Kontroversinews.- Ribuan warga Kabupaten Bantul, Yogyakarta, mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Bantul. SKTM tersebut akan digunakan untuk mendaftar sekolah di tahun ajaran 2018-2019. Kepala Dinas Sosial P3A Bantul Eddy Susanto mengatakan, jumlah pemohon SKTM naik tiga kali lipat.

Biasanya, pemohon SKTM rata-rata per hari berkisar 200-300 orang. Namun Senin (25/6/2018) mencapai 1.200 orang dan Selasa (26/6/2018) hingga pukul 10.00 WIB, jumlah antrean lebih dari 1.600 orang.

“Ada peningkatan cukup signifikan. SKTM oleh warga dijadikan syarat untuk mendaftar sekolah melalui jalur khusus. Yakni, kuota 20 persen untuk siswa miskin di dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru ( PPDB) tingkat SMA dan SMK,” ujar Eddy di kantornya, Selasa.

Warga yang kurang mampu bisa menunjukkan SKTM untuk syarat mendaftar sekolah melalui jalur khusus. Hal ini tak lepas dari kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menaikkan kuota siswa miskin di setiap sekolah dari 10 persen menjadi 20 persen. “Kenaikan kuota itu maka warga yang masuk kategori kurang mampu mencari SKTM,” bebernya.

Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial P3A Sariyadi menambahkan, syarat memeroleh SKTM di antaranya Kartu Keluarga, Surat Kelulusan, hingga kepemilikan Kartu Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Jika tidak memiliki salah satu kartu, warga masih bisa memperoleh SKTM, asalkan pemohon masuk Basis Data Terpadu dari Kemensos. “Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk syarat SKTM. Sehingga rata-rata yang ditolak untuk mendapatkan cukup sedikit hanya sekitar 10-an orang,” ucapnya.

Warga Banguntapan, Juminah mengaku mencari SKTM untuk anaknya yang ingin mendaftar di SMK. Dengan SKTM, ia berharap biaya sekolah bisa ringan. “Semoga bisa mendapatkan SKTM dan anak saya diterima di sekolah negeri agar bisa mendapatkan keringanan biaya,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pendaftaran Siswa Baru, Ribuan Warga Bantul Ajukan Surat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *