Pemprov Jabar bahas rencana kenaikan gaji PNS

oleh -142 Dilihat
oleh

Bandung | Kontroversinews- Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini sedang membahas rencana kenaikan gaji PNS yang akan diberlakukan pada 1 Januari 2019 dan tim TAPD masih membahas besaran alokasi gaji bagi 12.300 PNS Pemprov Jabar.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa di Bandung, Minggu mengatakan, rencana kenaikan gaji PNS tersebut sudah masuk anggaran untuk tahun depan.

Sehingga pada tahun 2019 bisa berjalan namun mengenai besarannya dan pihaknya hingga saat ini masih menghitungnya.

“Jadi yang pasti besarannya lima persen dari gaji pokok, dan gaji pokok itu beragam jumlahnya,” ujar Iwa usai peringatan hari jadi Jabar ke-73 di gedung DPRD Jawa Barat.

Dia mengatakan rekomendasi kenaikan gaji tersebut dinilai wajar karena beberapa tahun terakhir gaji pns belum naik sementara inflasi terus terjadi setiap tahunnya.

Kenaikan lima persen dari gaji pokok dan selama ini beberapa tahun tidak ada kenaikan, sekarang sedang dihitung, ujarnya.

“Ini sedang berjalan, harus diidentifikasi secara akurat. Dihitung akumulasi orang perorang dikalikan gaji pokok bersangkutan,” katanya.

Selain itu, kata Iwa, kenaikan juga dikarenakan dari gaji pokok maka akan berpengaruh pada ASN yang pensiun.

Kebijakan baru ini dinilai bisa menjawab kekhawatiran PNS yang setelah pensiun penghasilannya turun drastis.

“Penghasilan biasa 100 persen ini jadi 10 bahkan lima persen, sementara begitu pensiun kebutuhan lebih besar,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kebijakan ini merupakan apresiasi pusat dan keberpihakan pada PNS karena dengan perubahan tersebut selain membantu naiknya angka pensiun, kondisi APBN pun tidak akan terlalu berat.

“Jadi ini juga harus menjadi perhatian bagi PNS agar merencanakan pensiun sejak jauh-jauh hari agar kaget, pendapatan berapapun seperlima atau sepertiganya harus ditabung,” katanya. | Sumber: antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *