Olahraga yang Aman Untuk Penderita Nyeri Punggung dan Lutut

oleh -0 views
Ilustrasi

BANDUNG (Kontroversinews.com) – Penderita nyeri punggung dan lutut tetap bisa olahraga dengan aman lho. Tapi tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan, hanya latihan-latihan tertentu. Tentunya melalui gerakan yang aman untuk bagian lutut dan punggung.

Olahraga yang cocok untuk penderita nyeri punggung dan lutut yakni yang memiliki gerakan low-impact exercise atau latihan berdampak rendah.

Olahraga low-impact exercise memiliki sedikit risiko pada nyeri punggung atau lutut. Jenis olahraga ini bagus untuk persendian karena mengandalkan pergerakan seperti berjalan, berenang, senam, serta bersepeda.

Olahraga ini juga memiliki manfaat mengurangi nyeri, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan fleksibilitas. Lantas, apa saja olahraga itu? Simak daftarnya, seperti dijelaskan lamanĀ Today.

1. Gerakan berbaring lalu tekuk lutut

Gerakan ini akan membantu memperkuat inti dan mengencangkan perut tanpa memengaruhi sendi sensitif seperti lutut. Dilakukan sambil berbaring dengan meletakkan tangan di belakang kepala dan sedikit diangkat. Lalu tekuk lutut kanan dan pertemukan dengan siku kiri, secara bergantian lakukan yang sama terhadap lutut kiri dan siku kanan.

2. Gerakan meloncat ke udara

Gerakan meloncat ke udara biasa disebut jumping jack. Ini merupakan gerakan pemanasan. Tapi perlu diperhatikan untuk tidak terlalu melakukannya dengan berat. Gerakkan kaki kanan ke samping sambil mengangkat kedua lengan. Lalu simpan ke posisi awal dan masih dengan gerakan yang sama tapi dengan kaki kiri. Lakukan secara berulang tanpa jeda.

3. Pose perahu

Boat pose atau pose perahu akan membantu melatih inti tubuh tanpa membebani punggung bawah. Caranya adalah telentang dan secara perlahan angkat kaki sambil tetap lurus hingga tubuh membentuk huruf V. Pertahankan posisi hingga 10 sampai 30 detik.

4. Gerakan setengah jongkok

Latihan kardio akan mengurangi dampak pada sendi sensitif. Cobalah untuk latihan side shuffle dengan membuka kaki selebar bahu dalam posisi setengah jongkok. Lalu dorong tubuh dengan melangkah ke kanan dan ke kiri.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *