Minum Obat Warung Kena Omicron, Emang Bisa?

oleh -429 Dilihat
oleh
Obat warung ilustrasi.

Kontroversinews.com Pasien Positif Omicron bisakah diredakan minum obat warung? Spesialis paru dr Erlina Burhan, SpP(K) mengatakan boleh-boleh saja.
“Boleh saja, silakan meminum obat-obatan untuk mengatasi nyeri tenggorokan tersebut. Bisa mulai dari anti nyeri,” kata spesialis paru dr Erlina Burhan, SpP(K), dari RSUP Persahabatan dalam konferensi pers, Rabu (2/2/2022).

Obat yang menyasar COVID-19 seperti antivirus memang tak bisa dibeli sendiri, harus dengan resep dokter. Namun untuk meredakan gejala seperti batuk, nyeri tenggorokan atau demam, dr Erlina membolehkan masyarakat untuk membeli obat berlabel hijau yang dijual bebas.

“Kalau hanya parasetamol bisa beli sendiri. Yang harus pakai resep dokter biasanya antivirus, tapi kalau vitamin dan obat anti demam bisa beli sendiri,” katanya dari RSUP Persahabatan dalam konferensi pers dilansir Kamis(3/2/2022).

Pasien COVID-19 yang terkonfirmasi varian Omicron juga boleh menjalani isolasi mandiri di rumah. Pasien konfirmasi COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri jika memenuhi syarat klinis yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *