Minum 3 Cangkir Setiap Hari Teh Hitam Turunkan Tekanan Darah

Teh hitam (pinterest.com)

Kontroversinews.com– Mengonsumsi makanan atau minuman sehat tertentu berkontribusi besar untuk mengatasi ipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi 3 cangkir sehari minuman hangat seperti teh hitam, dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Karena membantu hipertensi, maka cara ini juga efektif dalam mengendalikan penyakit jantung.

Dilansir Times of India, Rabu 12 Januari 2022, teh hitam mengandung flavonoid, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan berkontribusi menjaga kesehatan jantung dengan membantu darah mengalir bebas di arteri. Flavonoid juga dapat mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab utama memburuknya kesehatan jantung.

Namun, meskipun mengonsumsi 3-4 cangkir teh hitam sehari telah terbukti memiliki efek menguntungkan terhadap jantung dan penurunan hipertensi, penting untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Diketahui, terlalu banyak konsumsi teh hitam dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia karena kandungan kafein yang ada di dalamnya.  Kafein dapat merangsang sistem saraf sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk memantau kuantitas dan frekuensi saat minum teh hitam untuk mendapatkan efek yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *