Marshanda Ingatkan Bahaya Self Diagnosis Kesehatan Jiwa

oleh -0 views
Marshanda. (Foto: Instagram @marshanda99)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Marshanda, seorang arti terkenal mengingatkan mendiagnosa diri sendiri atau self diagnosis atas kesehatan jiwa bisa berbahaya. Sebab tindakan ini justru bisa memperburuk kondisi kesehatan jiwa seseorang.

“It’s almost like a trend, cuma baca karakteristik di Google lantas bilang ‘wah ini gue banget, lalu dia announce ke temen-temennya kalau dia bipolar,” kata Marshanda dalam sesi bincang-bincang live Instagram “Self Awareness for Better Mental Health” dari Ms Learning & Grow, Sabtu 10 Oktober 2021.

Karenanya Marshanda mengingatkan hal tersebut tidak boleh dilakukan. “Self diagnosis enggak boleh dilakukan, itu harus dilakukan oleh profesional,” katanya seperti dilansir dari Antara.

Sementara psikolog dari Universitas Indonesia, Kasandra A. Putranto mengatakan, mendiagnosa diri sendiri mengidap penyakit atau gangguan tertentu, misalnya depresi, bisa berbahaya.

Sebab hal tersebut bisa menyebabkan kekhawatiran yang tidak perlu. “Jika kekhawatiran memburuk maka dapat mengembangkan gangguan kecemasan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kasandra, mendiagnosa diri sendiri dapat membuat seseorang tidak bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Sementara dalam bincang-bincang bersama psikolog Caca Tengker, Marshanda mengisahkan dia sudah didiagnosa bipolar sejak usia sekira 15 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *