Manfaat Mengkonsumsi Biji Buah Semangka

oleh -3 views
Ilustrasi biji semengka.(Loseitblog.com)

JAKARTA (kontroversinews.com) – Biji merupakan salah satu bagian dari buah semangka yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah dikonsumsi oleh manusia. Beberapa orang cenderung menyingkirkan biji semangka karena keras dan tidak pas dengan dengan tekstur buah semangka yang lembut.

Terlebih ada anggapan biji semangka yang termakan akan tumbuh di perut. Namun menurut beberapa ahli nutrisi, biji semangka justru aman untuk dikonsumsi dan bahkan mengandung manfaat yang baik untuk tubuh.

Menurut Keri Gans, penulis The Small Change Diet memakan biji semangka tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Pasalnya, biji tersebut akan keluar dari sistem pencernaan tubuh, mirip dengan saat seseorang menelan permen karet.

“Ketika Anda memakan biji semangka yang 100 persen mentah, dengan kata lain, cangkang hitamnya masih ada, biji semangka itu tidak akan dicerna oleh tubuh, melainkan akan melewati sistem pencernaan,” ujar Keri Gans.

Tak hanya aman dikonsumsi, menurut laman Prevention, biji semangka mengandung nilai gizi yang baik untuk tubuh jika dimakan dalam jumlah yang banyak.

“Biji semangka adalah sumber magnesium yang baik,” ujar Jessica Cording, R.D, penulis The Little Book of Game Changers.

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting sebab mereka terlibat dalam lebih dari 600 reaksi kimia tubuh. Satu ons biji semangka menyumbang sekitar 30 persen dari kebutuhan magnesium harian seseorang.

Gina Keatley, ahli gizi dari New York, Amerika Serikat mengatakan biji semangka justru memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan jantung. Ia menyebut biji semangka mengandung antioksidan yang disebut likopen.

Antioksidan ini terdapat pada pada buah dan sayuran yang memiliki pigmen merah termasuk semangka. Likopen diketahui memberikan banyak manfaat kesehatan yang positif untuk tubuh mulai dari jantung hingga mencegah kanker.

Tak hanya itu, biji semangka juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya, seperti folat (vitamin B), mangan, seng, protein, dan sedikit zat besi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *