Kucing Peliharaan Ternyata Bisa Tertular Covid-19

oleh -177 Dilihat
Ilustrasi kucing(PEXELS/LARISSA BARBOSA)

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Sebuah penelitian terbaru menyatakan kucing yang tidur satu ranjang dengan pemilik yang dinyatakan positif Covid-19 juga berisiko tertular. Dilansir dari The Sun, 30 Juni 2021, penelitian itu melibatkan 48 kucing dan 54 anjing dari 77 rumah tangga yang menjalani tes antibodi Covid-19.

Para pemilik juga diwawancara tentang bagaimana mereka berinteraksi dengan hewan peliharaannya, seperti mencium, membelai, memangku atau bahkan tidur bersama. Pemilik juga ditanya tentang apakah hewan peliharaannya menjilat wajah mereka, termasuk berapa lama pemilik berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka tiap harinya.

Mereka juga ditanya apakah hewan peliharaannya juga sakit atau menunjukkan gejala saat pemilik dinyatakan positif Covid-19. Penelitian tersebut juga menguji 75 ekor anjing dan kucing yang tinggal di tempat penampungan hewan.

Hasilnya, sekitar 67 persen dari kucing dan 43 persen dari anjing yang pemiliknya dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan jumlah anjing dan kucing dari tempat penampungan hewan yang dinyatakan positif Covid-19 mencapai sembilan persen. Lebih dari 20 persen hewan yang pemiliknya positif juga mengalami gejala yang terkait dengan virus corona, seperti batuk atau pilek.

Di sisi lain, jumlah waktu yang dihabiskan pemilik dengan anjing mereka dan jenis kontak yang mereka lakukan tidak mempengaruhi kemungkinan hewan tersebut terinfeksi. Namun, kucing yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan pemiliknya sepertinya berisiko lebih tinggi terinfeksi. Kesimpulannya, kucing yang tidur di tempat tidur pemiliknya dan di dekat wajah lebih mungkin terpapar Covid-19.

Menurut Profesor Dorothee Bienzle, seorang ahli patologi veteriner di University of Guelph, Kanada, kalau seseorang positif Covid-19, ada kemungkinan besar mereka bakal menularkannya ke hewan peliharaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *