Jelang Lebaran 2021, Kenaikan Harga Pangan di Tasikmalaya Masih Wajar

oleh -3 views
Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya. (Foto/Republika)

TASIKMALAYA (Kontroversinews.com) – Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf menyatakan harga kebutuhan pokok pangan masyarakat di pasar tradisional Tasikmalaya, Jawa Barat masih dalam batas wajar tidak terjadi kenaikan yang dikeluhkan masyarakat menjelang Lebaran 2021.

“Sementara harga di kita masih dalam batas wajar, yang disampaikan pedagang masih kewajaran, relatif terjangkau,” kata Muhammad Yusuf usai meninjau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan, jajarannya sengaja meninjau langsung perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional seperti beras, telur, daging dan sebagainya.

Hasil peninjauan langsung dilaporkan ada beberapa barang yang terjadi kenaikan harga seperti telur naiknya cuma Rp1.000 per kilogram, begitu juga jenis sayuran seperti cabai kenaikannya masih wajar.

“Masih dikatakan mampu untuk dibeli masyarakat walaupun sedikit berat tetapi masih batas-batas wajar, kemarin cabai sampai Rp120 ribu itu tidak wajar,” katanya.

Kenaikan harga di pasaran itu merupakan hal yang wajar dalam momentum Bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri karena adanya permintaan yang cukup banyak dari masyarakat.

Sedangkan tidak terjadinya kenaikan harga yang cukup tinggi, kata dia, karena pengaruh dari jumlah pembelinya berkurang dampak dari larangan mudik dan juga akibat pendapatan masyarakat yang menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *