Ini Ciri-Ciri Tipes Yang Harus Kamu Waspadai

oleh -3 views
ilustrasi Wanita Mengalami Penyakit Tipes

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Ciri-ciri tipes perlu kamu kenali karena gangguan kesehatan satu ini cukup sering terjadi di Indonesia. Tipes atau demam tifoid, biasanya menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi melalui fesesnya.

Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini memicu terjadinya gejala tipes seperti demam tinggi, sembelit, diare, ataupun nyeri perut. Saat Bakteri tipes masuk ke dalam tubuh, biasanya setelah seminggu atau dua minggu baru kamu akan mendapatkan gejala pertama.

Ciri-ciri tipes biasanya timbul secara bertahap selama dua minggu setelah terinfeksi. Segala usia dapat terserang penyakit ini, terutama anak-anak. Hal ini disebabkan karena anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah.

Selain itu, tipes dapat menyerang orang yang senang jajan sembarangan, dan tinggal di pemukiman kumuh dengan sanitasi yang buruk dan air bersih terbatas. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/4/2021) tentang ciri-ciri tipes.

Walaupun penyakit tipes ini sudah sering terjadi, namun penyakit ini tergolong sulit dideteksi secara dini. Hal ini berkaitan dengan ciri-ciri tipes yang muncul secara bertahap.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ciri-ciri tipes timbul secara bertahap dalam waktu 8–14 hari setelah terinfeksi oleh bakter Salmonella typhi ini. Selain itu, walaupun merujuk pada penyakit yang sama dan sama-sama disebabkan oleh bakteri Salmonela typhi, penyakit tipes dan gejala tipes ternyata memiliki beberapa perbedaan.

Mengutip dari liputan6, biasanya ketika pertama kali memeriksakan diri ke dokter kamu akan dikatakan mengidap gejala tipes. Tapi bukan berarti kamu telah terkena penyakit tipes. Berikut beberapa ciri-ciri tipes yang bisa terjadi:

– Demam

– Batuk

– Mual dan Muntah

– Lemas dan Lelah

– Sakit kepala

– Nyeri sendi

– Sakit tenggorokan

– Sembelit

– Penurunan nafsu makan

– Nyeri perut

– Perut Kembung

– Nyeri ketika berkemih

Itulah ciri-ciri tipes yang perlu kamu waspadai. Kamu harus segera menanganinya dengan membawa ke dokter atau menerapkan pola hidup sehat dan bersih, serta istirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *