Gubernur Sumbar Akan Lantik Wali Kota Padang Besok

oleh -3 views
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi. (foto/detikcom)

PADANG (Kontroversinews.com) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi akan melantik Wali Kota Padang pada Rabu (7/4/2021). Rencananya,  Mahyeldi akan melantik Hendri Septa sebagai Wali Kota Padang definitif di Istana Gubernur.

“Ya, Insya Allah bapak Gubernur Mahyeldi akan melantik Wali Kota Padang hari Rabu besok sesuai informasi yang disampaikan kepada saya siang ini,” kata Sekda Kota Padang Amasrul ​​​​​​didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis, Selasa (6/4/2021).

Amrizal menambahkan, untuk proses pelantikan Pemerintah Kota Padang akan menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelantikan Wali Kota tersebut. Surat Keputusan (SK) pengangkatan Plt Wali Kota Padang Hendri Septa menjadi Wali Kota Padang definitif telah terbitkan oleh Kemendagri RI pada 28 Maret 2021.

Salinan SK pengangkatan tersebut baru diterima oleh Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat pada 1 April 2021. Pada saat yang sama juga telah terbitkan SK pemberhentian Mahyeldi sebagai Wali Kota Padang.

Sementara Kepala Biro Pemerintahan Sekdaprov Sumbar Iqbal Ramadi Payana membenarkan pelantikan Wali Kota Padang definitif pada 7 April 2021.

“Sesuai arahan dari Bapak Gubernur iya,” kata Iqbal dilansir dari laman iNews. Hendri Septa sebelumnya merupakan Wakil Wali Kota Padang 2019-2024 yang berhasil memenangkan Pilkada Padang bersama Mahyeldi pada 2018.

Pasangan Mahyeldi-Hendri Septa diusung oleh PKS dan PAN. Setahun menjabat pada Pilgub Sumbar 2020 Mahyeldi diamanahkan PKS untuk maju sebagai calon Gubernur Sumbar berpasangan dengan Audy Joinaldy. Pada Pilgub Sumbar 2020 yang digelar 9 Desember 2020 Mahyeldi-Audy Joinaldy dinyatakan unggul dan ditetapkan oleh KPU sebagai gubernur terpilih.

Mahyeldi pun resmi dilantik sebagai Gubernur Sumbar 2021-2024 pada 25 Februari 2021 di Istana Negara oleh Presiden Jokowi.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *