FORWADES AUDENSI ANGGARAN KPU KUNINGAN SESUAI UU KIP NO 14 TAHUN 2008

oleh
oleh

Kuningan (Kontroversinews).-Forum Wartawan Desa & Sekolah (Forwades)Kabupaten Kuningan beraudensi dengan KPU Kuningan terkait transparansi anggaran KPU Kuningan.

Selasa,11/6/2024,di Kantor KPU,dari Forwades hadir 24 media dan dari KPU juga di hadiri jajaran komisioner KPU Kuningan.

Dalam audensi Forwades menanyakan terkait anggaran KPU dan bagaimana masyarakat terkhususnya Forwades, bisa mendapatkan data penggunaan anggaran KPU,biar bisa ikut mengawal karna anggaranya Fantastis puluhan milyar.

Menurut Ketua KPU.Asep Budi Hartono menjelaskan ,bahwa anggaran KPU untuk pilkada Kuningan telah di rumuskan bersama Pemda dan DPRD.

Anggaran awal yang di ajukan 84 milyar lebih,namun realisasinya 33,5milyar dan telah di realisasikan 40% kisaran 13 milyar lebih ,sisanya 20 milyar lebih lagi di ajukan.”ujarnya”

Masih kata Asep,terkait akses data kami telah melaporkan ke Kesbangpol Kuningan,bahkan kami juga berharap anggaran yang di ajukan senilai 84 milyar di awal bisa di realisasikan,karna anggaran yang telah di tetapkan di rasa kurang.”ujarnya”

Mendengar jawaban beberapa pertanyaan Forwades dalam audens oleh ketua KPU Asep Budi Hartono dan beberapa komisioner KPU Kuningan.

Ketua Forwades setelah rapat internal menyikapi hasil audens.Suradi menuturkan.Kami (Forwades)selaku control sosial dan juga mitra pemerintah di dalam mengawal regulasi,akan segera berkirim surat kepada Pj Bupati tembusan BPKAD,Kesbangpol dan ketua DPRD untuk meminta Data anggaran KPU beserta penggunaan anggaranya.

Ini semua kami lakukan,sebagai bukti peran serta Forwades di dalam mengawal setiap anggaran yang di danai oleh uang rakyat biar jelas penggunaanya,jangan sampe uang puluhan milyar banyak kebocoran yang tak jelas kemana perginya.”ujarnya”

Masih kata Suradi,masyarakat Kuningan perlu tahu anggaran KPU untuk Pilkada itu Puluhan milyar,yang mana anggaranya di sepakat juga antara eksekutif dan legislatif.

Jadi ini perlu kita kawal bersama,karna dalam kondisi Kuningan Darurat anggaran atau istilahnya gagal bayar,untuk pilkada masih bisa menganggarkan puluhan milyar.

Kami(Forwades) dan juga masyarakat Kuningan perlu bersama sama mengawal anggaran KPU yang puluhan milyar ini,bila nanti ada penyelewengan Anggaran dalam mekanisme pelaksanaan anggaranya,ini harus di tindak lanjuti kepada Aparat Penegak Hukum(APH) biar terang benderang.”ungkapnya”

Forwades selaku organisasi yang sudah berbadan hukum yang menangungi 24 media ,akan mengawal pilkada Kuningan dengan pemberitaan juga akan mengawal setiap penggunaan anggaran KPU Kuningan,karna setiap anggaran yang di danai oleh uang rakyat itu harus transparan dan di pertanggung jawabakan ke publik.

“Sudah bukan zamannya lagi anggaran menjadi tabu di era zaman pak jokowi,harus Transparan,Akuntabel,dan bisa di oertanggung jawabakan ke publik,jangan hanya sebatas tertib administrasi pelaporan,” tandasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *