Disdikbud Rohil Dorong Sekolah Terapkan Adiwiyata

oleh -144 Dilihat
oleh

Rokan Hilir | Kontroversinews- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rokan Hilir, Riau, mendorong  semua sekolah di daerah itu menerapkan program adiwiyata di lingkungan sekolah masing-masing.

“Kita terus terang saja, memang adiwiyata itu ‘leading sector’-nya adalah dinas lingkungan hidup. Tapi sekolah, guru dan murid ‘milik’ dinas pendidikan, maka kita mendukung program-program adiwiyata itu,” kata Kepala Disdikbud Rokan Hilir (Rohil), Muhammad Rusli Syarif di Bagansiapiapi, Rohil, Selasa.

Bahkan, kata Rusli, pihaknya mencanangkan pada 2019 seluruh sekolah sudah harus mempunyai taman yang asri. Paling tidak untuk dinikmati oleh anak-anak yang sedang belajar sekarang.

“Adiwiyata itu sangat kita dukung. Kemarin juga kita sudah berikan bantuan kepada seluruh sekolah se Rohil berupa bibit jambu supaya mereka memeliharanya. Insya Allah nanti diakhir Desember kita akan lihat hasilnya. Kalau memang itu bagus dan dipelihara dengan baik, maka kita akan membuat lagi tambahan bibit hidup,” tuturnya.

Ia juga mengharapkan, agar semua kepala sekolah didaerah itu bekerja dengan ikhlas dan bangun dari tidur.

“Kita sudah lama betul tidur, maka hari ini kita lepaskan semua mimpi-mimpi kita ayo kita bekerja dan bekerja. Insya Allah tahun ini dengan kerja ikhlas para guru, kita meraih rangking pertama se Riau hasil dari evaluasi belajar tahap akhir nasional (ebtanas). Sekali lagi terima kasih kepada para guru dan kita imbau ayo bekerja ikhlas,” ujar Rusli.

Sebelumnya, sebanyak 20 sekolah di daerah itu menerima penghargaan adiwiyata tingkat Kabupaten Rohil 2018. Penghargaan kala itu diserahkan langsung oleh Bupati Rohil Suyatno pada saat peresmian UPT Laboratorium Lingkungan, sekaligus pencanangan Kabupaten Rohil sebagai kabupaten adiwiyata, Senin (13/8).

Sebanyak 20 sekolah yang menerima penghargaan adiwiyata tersebut yakni MAN 1 Rohil, SMPN 3 Bangko, SMPN 4 Bangko, SDN 006 Raja Bejamu, SDN 007 Serusa Mati, SDN 12 Tanjung Medan, SDN 006 Bagan Barat, SMAN 3 Bangko Pusako, SDN 001 Bagan Kota.

Kemudian, MTs Darul Taqwa Sekeladi, SDN 017 Bagan Punak Meranti, SDN 028 Serusa, SDN 003 Bagan Hulu, SMKN 1 Bangko, MTs Nurul Fikri Bangko Pusako, SDN 014 Pematang Sikek, SDN 011 Parit Aman, SDN 005 Teluk Nayang, SMPN 5 Rimba Melintang, dan SDN 028 Suak Temenggung Pekaitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *